kumparan
8 Feb 2018 8:02 WIB

Lakukan Persiapan ini Sebelum Memutuskan untuk Punya Anak

Ilustrasi berpikir (Foto: Thinstock)
Mempersiapkan kehamilan bukan urusan sepele. Anda harus mempersiapkan banyak hal sebelum memutuskan untuk punya anak atau mengusahakan kehamilan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari momjunction berikut cara mempersiapkannya:
1. Jadwalkan Pemeriksaan Pranatal
Jadwalkan pertemuan dengan dokter untuk pemeriksaan prakonsepsi. Dokter akan meninjau riwayat kesehatan pribadi Anda, riwayat kesehatan keluarga, hingga obat atau suplemen apa pun yang Anda pakai saat ini.
2. Pengujian Genetik Prakonsepsi
Dokter mungkin juga akan meminta Anda untuk mengikuti tes penyaringan pembawa genetik.
Dengan cara ini, dapat diketahui apakah Anda atau pasangan membawa kondisi genetik yang serius seperti penyakit sel sabit, fibrosis kistik, dan banyak lagi.
3. Stop Merokok dan Meminum Alkohol
Merokok dan minum alkohol dilarang saat hamil (Foto: Thinstock)
Jika Anda merokok, minum, atau memakai narkoba, Anda harus berhenti sekarang juga.
Tembakau dan obat-obatan dapat menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, dan berat lahir rendah pada bayi.
ADVERTISEMENT
4. Perhatikan Asupan Kafein
Para ahli mengatakan bahwa wanita yang berencana hamil harus menghindari atau mengurangi asupan kafein. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kelebihan kafein dapat menyebabkan penurunan kesuburan.
5. Fokus pada Kesehatan Mental
Ketika Anda berencana untuk hamil, berbahagialah! Sesekali merasa stres, sedih atau khawatir memang wajar, tapi jika terus-menerus merasa seperti itu Anda akan sulit mengalami pembuahan yang Anda harapkan.
6. Menghindari Segala Jenis Infeksi
Ilustrasi bakteri (Foto: Thinstock)
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah infeksi masuk ke dalam tubuh. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah sering mencuci tangan saat Anda memasak.
Kedua, pastikan suhu lemari es diatur pada suhu 2 sampai 4 derajat celcius. Dan suhu freezer sampai -18 derajat.
ADVERTISEMENT
Lalu hindari mengonsumsi makanan mentah atau keju dan susu yang tidak dipasteurisasi. Karena hal ini bisa membawa bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan listeriosis yang meningkatkan risiko lahir mati atau keguguran.
7. Memeriksa Kesehatan Gigi
Memeriksa kesehatan gigi (Foto: Thinstock)
Penting untuk mempertimbangkan kesehatan gigi dan mulut Anda sebelum hamil. Perubahan hormonal selama kehamilan akan membuat Anda rentan terhadap gangguan gigi. Tingkat progesteron dan estrogen yang tinggi mempengaruhi gusi yang membuatnya merah dan mudah bengkak.
8. Berhati-hati Ketika Memilih Ikan
Jika Anda suka makan ikan, maka Anda harus berhati-hati. Meskipun ikan mengandung asam lemak omega-3 (penting untuk perkembangan otak dan mata bayi), protein, dan nutrisi lainnya, tapi ikan memiliki kandungan merkuri yang berbahaya.
ADVERTISEMENT
Hindari mengonsumsi makanan yang ditangkap di perairan yang terkontaminasi.
9. Periksa Keuangan Anda
Ilustrasi keuangan (Foto: Thinstock)
Memiliki bayi akan berdampak langsung pada keuangan Anda. Anda harus memikirkan baik-baik tentang pengeluaran yang akan Anda habiskan. Dan pastikan untuk menggunakan asuransi untuk membantu Anda.
10. Minum Minuman yang Mengandung Asam Folat
Asam folat penting karena mengurangi kemungkinan cacat lahir seperti spina bifida pada bayi, dan memperkuat otot tulang belakang mereka. Dokter biasanya meresepkan suplemen asam folat setidaknya satu bulan sebelum kehamilan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Anda harus mengkonsumsi sekitar 400mcg asam folat setiap hari.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan