Makan Anggur saat Hamil, Aman Enggak Ya?

2 April 2024 15:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi anggur. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anggur. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Moms, Anda mungkin pernah mendengar atau membaca bahwa anggur tidak aman dikonsumsi selama kehamilan. Padahal anggur mengandung tinggi vitamin dan antioksidan. Anggur juga seringkali jadi pilihan saat ibu hamil mual di trimester pertama.
ADVERTISEMENT
Lantas, benar enggak sih anggur tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Apa alasannya?
Ternyata, menurut para ahli anggur umumnya boleh dimakan saat hamil. Apalagi anggur ungu dan merah merupakan sumber serat, vitamin, dan mengandung antioksidan yang disebut resveratrol.
Anggur mengandung resveratrol dalam jumlah yang kecil sehingga aman bagi ibu dan janin. Profesor sekaligus dokter obgyn Len Kliman, mengatakan resveratrol dalam anggur memiliki banyak manfaat bagi bayi.
“Jika dimakan dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet seimbang, anggur umumnya dapat ditoleransi dengan baik selama kehamilan,” ujar Kliman dikutip dari Parents.
Ibu hamil makan makanan Imlek. Foto: Makistock/Shutterstock
“Anda dapat dengan aman memasukkan anggur ke dalam makanan Anda selama kehamilan dengan menambahkannya ke dalam salad, mencampurkannya ke dalam yoghurt atau bubur, dan mencampurkannya ke dalam smoothie,” sambungnya.
ADVERTISEMENT

Manfaat Makan Anggur saat Hamil

Berikut beberapa manfaat makan anggur saat hamil.
-Antioksidan
Anggur mengandung banyak jenis antioksidan yang bermanfaat bagi Anda dan bayi. Antioksidan meningkatkan kekebalan dan mempercepat penyembuhan, yang dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan. Termasuk preeklamsia serta hambatan pertumbuhan janin. Bahkan dapat mengurangi risiko keguguran.
-Sumber Serat yang Baik
Ibu hamil membutuhkan serat untuk menurunkan risiko terkena diabetes dan preeklamsia saat hamil. Anggur juga membantu menghindari sembelit terutama jika Anda mengonsumsi suplemen zat besi.
“Karena tinggi serat, anggur membantu melunakkan tinja dan melancarkan buang air besar,” kata Dr. Kliman.
Ilustrasi anggur. Foto: Shutterstock
-Menghidrasi
Anda perlu meningkatkan asupan cairan selama kehamilan agar dapat menghasilkan cukup cairan ketuban untuk mendukung perkembangan bayi. Anggur mengandung 80% hingga 90% air. Artinya, makan anggur akan membantu mendapatkan cairan yang dibutuhkan tubuh.
ADVERTISEMENT
-Vitamin dan Nutrisi
Anggur mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, penting untuk mengonsumsi cukup vitamin C untuk kesehatan Anda sendiri dan untuk mendukung perkembangan bayi Anda. Pakar menyebut 10 buah anggur mengandung sekitar 1,5 miligram vitamin C.
Anggur juga mengandung vitamin A, nutrisi penting untuk pembentukan tubuh dan perkembangan mata bayi. Tidak mendapatkan cukup vitamin A selama kehamilan dikaitkan dengan kemungkinan lebih tinggi kematian anak akibat infeksi.