Mom
·
20 November 2020 8:07

Manfaat Buah Aprikot untuk Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Buah Aprikot untuk Ibu Hamil (119550)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Ibu hamil harus memastikan makanan yang dikonsumsinya mengandung gizi seimbang dan baik untuk kesehatannya dan janin. Buah-buahan adalah salah satu di antara makanan sehat yang perlu ada di dalam menu harian Anda, Moms. Sebab di dalam buah-buahan terdapat ragam vitamin dan mineral yang diperlukan untuk melengkapi nutrisi ibu hamil setiap hari.
ADVERTISEMENT
Salah satu buah yang baik untuk Anda konsumsi adalah aprikot. Buah ini merupakan sumber nutrisi yang penting karena mengandung zat besi, kalium dan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilan. Tak hanya itu, aprikot juga sumber vitamin A, C, dan zat besi yang baik.
Meski begitu, Anda perlu berhati-hati untuk tidak memakan bijinya, karena biji aprikot mengandung senyawa kimia tertentu yaitu siandia. Tentu saja ini berbahaya bagi Anda dan bayi di dalam kandungan Anda, Moms. Jadi pastikan, makanlah aprikot yang sudah dibuang bijinya. Nah, berikut ini adalah 6 manfaat yang bisa Anda rasakan bila rutin mengonsumsi buah aprikot. Apa saja, ya?
Manfaat Buah Aprikot untuk Ibu Hamil (119551)
Ilustrasi Buah Aprikot Foto: Shutterstock/AS Food studio

6 Manfaat Buah Aprikot bagi Ibu Hamil

1. Meringankan Sembelit

Sembelit adalah salah satu permasalahan yang sering dialami oleh ibu hamil. Nah, daripada mengonsumsi obat pencahar yang belum tentu baik untuk janin Anda, aprikot adalah makanan yang tepat, Moms. Aprikot yang menjadi sumber serat akan membantu meringankan masalah sembelit Anda.
ADVERTISEMENT

2. Meningkatkan Kekebalan dan Penglihatan Bayi

Aprikot adalah sumber beta karoten yang baik. Sebab, senyawa ini akan berubah menjadi vitamin A bila masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi aprikot selama kehamilan, bisa membantu perkembangan penglihatan janin, meningkatkan produksi sel, dan menjaga sistem kekebalan tubuh janin dan diri Anda.

3. Menjaga Tekanan Darah

Buah berwarna oranye ini adalah sumber kalium yang baik karena bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah di posisi normal. Buah ini juga membantu mengurangi risiko tulang keropos dan batu ginjal.

4. Membantu Perkembangan Jaringan Janin

Vitamin A dari aprikot bisa membantu perkembangan jaringan bayi di dalam kandungan. Namun, asupan vitamin A harus dalam batas normal untuk mencegah terjadinya overdosis ya, Moms.
Manfaat Buah Aprikot untuk Ibu Hamil (119552)
Ibu hamil perlu makan makanan aprkot Foto: Shutterstock

5. Meningkatkan Energi Ibu Hamil

Selama kehamilan, Anda membutuhkan setidaknya 300 kalori tambahan untuk tumbuh kembang bayi. Setengah cangkir aprikot bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Aprikot juga mengandung banyak air, sehingga bisa mencegah dehidrasi yang biasa dialami oleh ibu hamil.
ADVERTISEMENT

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Buah ini kaya akan serat dan antioksidan yang dapat mencegah terbentuknya pengerasan dan sumbatan plak pada pembuluh darah. Ya Moms, manfaat buah aprikot juga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kaliumnya bisa mencegah tekanan darah tinggi juga, lho!