kumparan
12 Feb 2018 9:20 WIB

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Keluarga

Buah Rambutan (Foto: Pexels)
Meski tak sementereng buah-buahan yang terpampang di supermarket, buah lokal yang satu ini mudah mencuri hati. Warna merahnya yang cerah, seolah memanggil-manggil Anda untuk memetik atau membelinya.
ADVERTISEMENT
Berita bagusnya: bila tergoda si merah berbulu ini, Anda tak perlu ragu. Rambutan punya banyak manfaat untuk seluruh keluarga, termasuk untuk anak. kumparanMom (kumparan,com) merangkum manfaat buah rambutan bagi kesehatan sebagai berikut:
Kaya Vitamin C
Siapa bilang vitamin C hanya ada pada jeruk atau jambu merah? Rambutan juga kaya manfaat vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C pada rambutan dapat juga membantu penyerapan zat besi dan mencegah kerusakan sel. Pada setiap konsumsi 10 hingga 12 buah rambutan, maka sama dengan konsumsi 75 hingga 90 mg asam askorbat.
Buah Rambutan (Foto: Pexels)
Menangkal Radikal Bebas
Asam galia pada rambutan berguna sebagai penangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Ini akan baik bagi kesehatan anak Anda ketika sering beraktivitas di luar ruangan yang tak lepas dari radiasi berbahaya.
ADVERTISEMENT
Mencegah Anemia
Rambutan juga mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah putih dan merah. Karena itu pula, rambutan dipercaya bisa mencegah anemia atau kurang darah.
Menyehatkan Pencernaan
Serat yang ada pada rambutan dapat membantu Anda terhindar dari sembelit. Di samping itu, parasit dalam usus dapat dihindari dan membantu meringankan gejala diare.
Buah Rambutan (Foto: Pexels)
Anti Kanker
Antioksidan yang kaya kandungan flavoid dalam buah rambutan dipercaya dapat dapat mengurangi kolesterol, anti-kanker dan anti-inflamasi atau peradangan sebagai upaya perlindungan diri tubuh.
Wah, banyak ya, manfaatnya! Tidak hanya manfaat kesehatan Anda juga bisa mengajak anak (khususnya balita) belajar banyak hal dari buah rambutan lho, Moms. Mulai dari konsep warna sampai merangsang sensorinya.
ADVERTISEMENT
Tunjukkan buah rambutan pada si kecil, katakan, "Lihat, ini buah rambutan. Warnanya merah. Coba sebut buah apalagi ya, yang warnanya merah?" Lalu minta anak menyentuh rambut buah rambutan dengan jari-jarinya. Tanyakan apakah ia merasa geli? Hihihi... Minta juga anak memegang dan mencoba mengupasnya. Ah, serunya!
Tapi ingatlah selalu untuk membuang biji rambutan sebelum diberikan pada anak agar ia tidak tersedak.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan