Mom
·
19 Juli 2021 14:07
·
waktu baca 2 menit

Manfaat Main Cilukba untuk Bayi seperti yang Dilakukan Zaskia Sungkar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Main Cilukba untuk Bayi seperti yang Dilakukan Zaskia Sungkar (35589)
searchPerbesar
Zaskia Sungkar dan anaknya, Ukkasya. Foto: Instagram/@zaskiasungkar15
Keluarga pasangan selebriti Tanah Air, Zaskia Sungkar dan Irwansyah tampaknya semakin bahagia dengan kehadiran Ukkasya Muhammad Syahki. Ukkasya merupakan anak pertama mereka yang lahir pada (30/3) lalu.
ADVERTISEMENT
Baik Zaskia maupun Irwansyah kerap berbagi momen bersama anak laki-lakinya itu di Instagram pribadinya. Baru-baru ini misalnya, Zaskia, memperlihatkan dirinya tengah bermain cilukba bersama si kecil yang kini berusia 3 bulan itu. Gemas!
Mulanya, Ukkasya yang berada di pelukan Zaskia ditutupi oleh mukena yang dikenakannya. Tak lama, ia pun membukanya dan memperlihatkan wajah gemas si kecil!
"Peek a boo!" tulis Zaskia Sungkar dalam keterangan di Instagram pribadinya,

Manfaat Bermain Cilukba untuk Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat Main Cilukba untuk Bayi seperti yang Dilakukan Zaskia Sungkar (35590)
searchPerbesar
Bermain cilukba dengan bayi. Foto: Shutter Stock
Moms, rupanya permainan cilukba atau dikenal juga dengan nama peek-a-boo ternyata tidak hanya populer di Indonesia, tapi juga di banyak negara. Menariknya, cilukba bukan hanya bisa dijadikan cara seru untuk bercanda dengan si kecil, tapi juga punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Apa saja?
ADVERTISEMENT
1. Membantu Anak Belajar Konsep Muncul dan Hilang
Ketika menutupi wajah dengan kedua telapak tangan atau sesuatu, Anda akan menghilang dari pandangan si kecil. Awalnya, ia mungkin akan merasa cemas dan takut. Tapi begitu Anda membuka kedua tangan dan kembali menampakkan wajah di hadapan si kecil, ia pasti akan tersenyum karena merasa senang.
Hal ini mengajarkan konsep baru pada anak bahwa sesuatu yang hilang dari hadapannya, belum tentu hilang selamanya. Bisa saja benda tersebut muncul kembali di hadapannya. Anak pun jadi mudah tidak cemas bila Anda tidak berada di dekatnya.
2. Melatih Anak Terbiasa Berinteraksi
Penelitian menunjukkan interaksi yang intens sangat dibutuhkan bayi untuk memudahkannya belajar bicara serta meningkatkan kemampuan komunikasinya kelak.
ADVERTISEMENT
Itu sebabnya, Ibu disarankan sering mengajak bayi berinteraksi melalui bahasa-bahasa non-verbal seperti kontak mata, senyuman, tawa, dan sebagainya. Antara lain dengan bermain cilukba.
3. Melatih Anak Mengenal Pola dan Kebiasaan
Seiring dengan bertambahnya usia, bayi Anda perlahan akan memahami bahwa saat Anda berkata "ciluk" sembari menutup wajah, sebenarnya Anda tidak benar-benar menghilang. Si kecil tahu, Anda akan muncul kembali dan mengagetkannya sambil berkata "ba!"
Hal ini bisa dilihat ketika ia sudah tersenyum saat Anda mulai menutup mata untuk memulai cilukba. Dari sini, bayi secara tak langsung sudah belajar mengenal pola dan kebiasaan.