Mom
·
22 April 2021 8:14

Manfaat Makan Labu Kuning untuk Kesehatan Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Makan Labu Kuning untuk Kesehatan Ibu Hamil (101706)
Ilustrasi sup labu kuning Foto: dok.pixabay.com
Labu kuning merupakan salah satu buah yang populer di bulan Ramadhan. Buah yang biasa diolah menjadi kolak ini ternyata punya banyak manfaat untuk ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, labu kuning merupakan sumber antioksidan, vitamin A, B6, C serta mineral seperti zat besi dan seng. Selain itu, biji labu juga menawarkan manfaat bagi kesehatan dengan kandungan asam lemak omega 3-nya.
Dilansir Parenting First Cry, labu memberikan nutrisi, tidak hanya untuk ibu tetapi juga untuk bayi di dalam kandungan karena mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Sebanyak 100 gram labu kuning memiliki kurang lebih 26 kalori dan hampir tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh yang baik untuk ibu hamil.
Nah Moms, berikut ini adalah 5 manfaat baik labu kuning jika dikonsumsi selama kehamilan.

5 Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

1. Menjaga kadar gula darah
Labu sangat efektif dalam menjaga kadar gula darah ibu selama masa kehamilan. Tetapi untuk mendapatkan manfaat maksimal dari labu, ibu hamil harus mengonsumsinya tanpa menambahkan gula. Tenang, sebab labu kuning biasanya sudah memiliki rasa manis alaminya yang lezat.
ADVERTISEMENT
2. Memperbaiki sistem pencernaan
Manfaat Makan Labu Kuning untuk Kesehatan Ibu Hamil (101707)
Labu kuning untuk MPASI Bayi Foto: Shutter stock
Perubahan hormon selama kehamilan dapat mengganggu sistem pencernaan dan sering kali menyebabkan masalah sembelit dan diare. Nah Moms, labu bisa menjadi solusi masalah tersebut, karena labu merupakan sumber protein dan serat yang baik.
Selain itu, labu dapat membantu menghilangkan cacing dari usus dan membersihkan limpa, sehingga mengurangi kemungkinan infeksi perut selama kehamilan yang menyebabkan diare.
3. Mengatasi kram perut
Labu bisa bekerja dengan sangat baik untuk mengatasi kram perut selama kehamilan. Cobalah untuk mengonsumsi labu dengan dikukus, dijus, sup atau masakan lainnya yang Anda sukai.
4. Meningkatkan penglihatan janin
Manfaat Makan Labu Kuning untuk Kesehatan Ibu Hamil (101708)
Ilustrasi pai labu kuning Foto: dok.shutterstock
Labu kuning kaya akan vitamin A yang baik untuk mendukung kesehatan mata ibu hamil. Selain itu, vitamin A juga bisa mendukung perkembangan penglihatan bayi di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Labu kuning dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan. Labu mengandung antioksidan, vitamin A, dan vitamin C, yang dapat menangkal radikal bebas, virus, bakteri, serta jamur penyebab berbagai penyakit.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis