Mom
·
4 Oktober 2020 10:01

Melahirkan di Usia 40 Tahun seperti Rachel Maryam, Apa Risikonya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Melahirkan di Usia 40 Tahun seperti Rachel Maryam, Apa Risikonya? (183167)
Rachel Maryam. Foto: Ig @rachelmaryams
Aktris sekaligus anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Rachel Maryam, dikabarkan baru saja melahirkan anak kedua yang berjenis kelamin laki-laki. Namun usai melahirkan, Rachel mengalami pendarahan hebat. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.
ADVERTISEMENT
"Yang bersangkutan melahirkan dengan operasi caesar namun kemudian ada pendarahan dan oleh tim dokter, yang bersangkutan ditidurkan untuk membantu mempercepat pemulihan," kata Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, kepada wartawan, Sabtu (3/10).
Ya Moms, Rachel sempat dikabarkan koma. Namun hal tersebut dibantah oleh salah satu rekannya, Hanny Kristianto yang mengunggah foto istri dari Edwin Aprihandono terbaring di ICU. Foto tersebut diblur demi kenyamanan keluarga.
"Mohon doanya untuk keselamatan dan kesembuhan sahabat kita @rachelmaryams. Sempat pendarahan, sempat kondisi Albumin 1,2 dan HB 7,6 dan pakai alat bantu pernafasan, tapi tidak benar jika diberitakan koma, sedang ditidurkan agar bisa istirahat oleh team dokter..In syaa Allah segera pulih," tulis Hanny dalam akun Instagram miliknya.
ADVERTISEMENT
Menurut sang adik, Tamara Aisyah Sayidina, Rachel kini sudah siuman dan dalam proses pemulihan.
"Beliau sudah siuman pasca operasi dan sedang proses pemulihan. Terima kasih untuk semua yang telah mendoakan keselamatan kakak saya, mohon doa agar cepat pulih," pungkas Tamara di Instagram Story-nya.
Melahirkan di Usia 40 Tahun seperti Rachel Maryam, Apa Risikonya? (183168)
Rachel Maryam. Foto: Alexander Vito Edward Kukuh/kumparan

Usia Rachel Maryam saat Melahirkan Anak Kedua

Moms, jika kita lihat dari faktor usia, Rachel Maryam melahirkan anak keduanya saat usianya menginjak 40 tahun. Diketahui bahwa ibu hamil maupun ibu yang akan hamil di usia 35 tahun ke atas memang lebih berisiko saat melahirkan. Maka dari itu, dokter biasanya akan menyarankan agar Anda dapat melahirkan lewat operasi caesar seperti yang dilakukan Rachel Maryam.
Melahirkan di Usia 40 Tahun seperti Rachel Maryam, Apa Risikonya? (183169)
Ilustrasi ibu hamil mau melahirkan. Foto: Shutterstock

Risiko yang Mengintai Bila Melahirkan di Atas Usia 40 Tahun

Dilansir Medical News Today, di usia 40 tahun ke atas biasanya kualitas kromosom ibu tak sebaik saat masih berusia muda. Oleh sebab itu, ibu perlu waspada, sebab anak lebih berisiko mengalami kelainan kormosom, misalnya.
ADVERTISEMENT
Selain soal kromosom, ibu yang melahirkan di atas usia 40 tahun juga lebih berisiko mengalami preeklamsia, diabetes gestasional, risiko kelahiran prematur, keguguran, gangguan pada plasenta, hingga risiko bayi lahir mati (stillbirth). Bahkan kelainan genetik pada bayi pun akan meningkat di usia ini, Moms. Pada ibu berusia 40 tahun misalnya, peluang memiliki anak dengan down syndrome sekitar 1 dari 100 kehamilan dan pada usia 45 tahun meningkat menjadi 1 dari 30 kehamilan.
Kendati demikian, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan agar kehamilan tetap berjalan sehat meski sudah berusia 40 tahun, Moms. Misalnya saja, melakukan tes genetik --biasanya dilakukan di awal kehamilan. Selain itu, jangan lupa untuk rutin lakukan pemeriksaan ke dokter sejak awal hamil dan jangan lupa pula untuk menjaga pola makan bernutrisi seimbang selama kehamilan.
ADVERTISEMENT