kumparan
1 Agustus 2018 9:05

Melahirkan Tepat pada Pekan ASI Sedunia, Apa Kahiyang Akan Menyusui?

Kahiyang. (Foto: Munady Widjaja)
Anak kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dan suaminya Bobby Nasution, punya kabar gembira untuk kita semua. Pagi tadi, Rabu (1/8), Kahiyang baru saja melahirkan anak pertamanya di Rumah Sakit YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Cucu kedua dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana yang dilahirkan Kahiyang ini berjenis kelamin perempuan dan lahir pada pukul 05.00 dengan berat badan 3,4 kilogram, dan panjang 49 centimeter. Menurut keterangan yang diberikan Bobby pada awak media, Kahiyang melahirkan putrinya melalui operasi cesar. Istimewanya, kelahiran putri Kahiyang bertepatan dengan hari pertama Pekan ASI Sedunia. Ya, setiap awal pekan Agustus, seluruh dunia memperingati Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week yang berlangsung pada 1-7 Agustus.
ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan sudah terbukti dapat memberi banyak manfaat pada bayi maupun ibu terutama bila bayi hanya diberi ASI saja selama 6 bulan pertama kehidupannya. Karena hal itu, WHO dan UNICEF membuat deklarasi yang dikenal dengan Deklarasi Innocenti (Innocenti Declaration) pada tahun 1990 di Florence, Italia untuk menyepakati bahwa setiap awal pekan Agustus (tanggal 1-7 Agustus) dijadikan sebagai Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week). Tujuannya adalah untuk mengingatkan masyarakat di seluruh dunia bahwa betapa pentingnya Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi.
ADVERTISEMENT
Lantas apakah Kahiyang juga akan menyusui bayinya? Belum ada pernyataan dari pihak keluarga mengenai hal ini. Tapi bisa saja Kahiyang akan mengikuti jejak kakak iparnya, Selvi Ananda yang melahirkan cucu pertama Jokowi pada bulan Maret tahun 2016 silam. Istri dari anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, tersebut langsung menyusui putranya sesaat setelah melahirkan dan terus memberikan ASI ekseklusif kepada buah hatinya, Jan Ethes Srinarendra selama 6 bulan.
Harapan agar Kahiyang menyusui bayinya ini juga disampaikan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Pagi ini, akun Instagram resmi AIMI mengunggah ucapan khusus untuk Kahiyang sekaligus memberi semangat Kahiyang untuk menyusui.
Nia Umar, Wakil Ketua AIMI, pada kumparanMOM mengatakan ia ikut senang mendengar berita kelahiran cucu kedua Jokowi pagi ini. "Iya, pas banget di hari pertama Pekan ASI Sedunia! Senang mendengarnya," ujar Nia. Mewakili AIMI, sekali lagi Nia juga menyampaikan ucapan selamat pada Kahiyang dan Bobby.
ADVERTISEMENT
"Selamat buat Ayang dan Bobby atas kelahiran buah hatinya an tentunya juga untuk Eyang Jokowi dan Ibu Iriana. Semoga pemulihan setelah persalinan lancar dan mudah-mudahan proses menyusui juga lancar dan didampingi tenakes (tenaga kesehatan) dan faskes (fasilitas kesehatan) yang baik dan kompeten." katanya.
Ilustrasi ibu menyusui (Foto: Thinkstock)
Menurut Nia, tenaga kesehatan yang kompeten sangat penting untuk memastikan proses menyusui berjalan lancar terutama di hari-hari pertama kehidupan bayi yang sangat penting untuk keberlangsungan menyusui ke depannya.
"Karena seringkali kesulitan menyusui itu karena banyak tenakes dan faskes tidak kompeten dalam membantu ibu menyusui. Misalnya praktek IMD (Inisiasi Menyusu Dini) tidak dilakukan atau tidak bisa rawat gabung padahal ini sangat penting," tambah Ibu dari 3 anak yang juga seorang Konselor Laktasi ini.
ADVERTISEMENT
Nah, semoga saja Kahiyang bisa terus menyusui putrinya ya, Moms. "Selamat memperingati Pekan ASI Sedunia. Selamat untuk Kahiyang dan Bobby. Selamat menyusui dengan penuh Cinta!" tutup Nia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan