Untitled Image

Menteri PPPA Bintang Puspayoga Nyanyi Lagu Meong Bikul di Festival Hari Anak

24 Juli 2021 11:08
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, membagikan banyak cerita menarik dalam acara Festival Hari Anak 2021, yang diselenggarakan oleh kumparanMOM, pada Sabtu (24/7).
ADVERTISEMENT
Ya Moms, dalam acara tersebut, Bintang hadir sebagai bintang tamu di segmen "Ask The Minister", yang dipandu oleh Chief of kumparanMOM, Prameshwari Sugiri, dan Youtuber Cilik, Ziyan. Nah, pada kesempatan ini Ziyan banyak bertanya kepada Bintang, karena dia sangat penasaran dengan cerita menteri asal Bali ini.
Salah satu hal yang membuat Ziyan penasaran adalah permainan favorit Bintang sewaktu kecil! Apa ya kira-kira permainan favoritnya?

Cerita Bintang Puspayoga soal Permainan Favorit Waktu Kecil

Menteri PPPA Bintang Puspayoga dan Ziyan di Festival Hari Anak Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Menteri PPPA Bintang Puspayoga dan Ziyan di Festival Hari Anak Foto: kumparan
Bintang mengatakan bahwa permainan favoritnya sewaktu kecil adalah permainan ular naga. Namun di tempat asalnya, permainan ini bernama Meong Bikul. Dalam bahasa Bali, meong artinya kucing, dan bikul artinya tikus.
Menteri PPPA Bintang Puspayoga di Festival Hari Anak Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Menteri PPPA Bintang Puspayoga di Festival Hari Anak Foto: kumparan
Ia lalu bercerita alasan mengapa menyukai permainan Meong Bikul, salah satunya karena permainan ini bisa dilakukan bersama dengan semua temannya. Sehingga semua orang yang hadir, bisa ikut bermain.
ADVERTISEMENT
“Kalau kami di Bali itu kan setiap RT tuh ada Banjar, setiap sore tuh kita bisa kumpul dengan semua anak-anak. Artinya apa? Kalau melalui permainan ular naga ini, siapa pun teman yang hadir, tidak ada yang tertinggal, kita bisa ajak main bersama-sama,” jelas Bintang.
Cara bermain Meong Bikul ini juga sama seperti ular naga. Di mana para pemain berbaris bergandengan, kemudian berputar melewati lorong sambil bernyanyi, dan nanti anak yang menjadi lorong akan menurunkan tangannya untuk menangkap anak-anak yang lewat.
Dalam Meong Bikul, dua orang akan menjadi kucing yakni si penjaga lorong, dan sisanya menjadi tikus. Pada kesempatan ini, Bu Bintang bahkan menyanyikan lagu yang biasa digunakan untuk mengiringi permainan meong bikul. Wah, seru ya, Moms!
ADVERTISEMENT
Meong-meong, alih je bikule
Bikul gede-gede, buin mokoh-mokoh
Kareng pesan ngerusuhin
Juk Meng! Juk Kul! Juk Meng! Juk Kul!
Menurut Bintang, lagu ini semacam aba-aba untuk menangkap tikus bagi para kucing. Sebab jika sudah masuk ke lirik “Juk Meng! Juk Kul!” berarti para kucing harus segera menangkap tikus.
“Artinya gini, itu kan ‘saya kucing ayo tangkap tikusnya’, tikus itu sering kali membuat kerusuhan. Nah, itu akhirnya kita yang tikus-tikus ini, yang berderet yang menjadi tikus ini, kita harus jeli, karena ketika ‘Juk Meng! Juk Kul!” itu kita akan ditangkap. Berarti kita harus lari melewati lorong itu. Kalau kita tertangkap, itu sudah kalah dan harus keluar dari permainan, gitu intinya, gitu,” jelas Bintang.
Festival Hari Anak kumparanMOM hari pertama juga masih berlangsung. Yuk, saksikan keseruannya di video berikut ini, Moms.
ADVERTISEMENT
Rayakan Hari Anak Nasional bersama kumparanMOM di Festival Hari Anak pada 24-25 Juli 2021. Diselenggarakan virtual, acara ini bisa jadi bekal dan inspirasi pengasuhan di masa pandemi agar anak tumbuh #SehatGembiraBersama
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten