Mom
·
14 Oktober 2020 15:52

Menyusui dengan Satu Payudara, Benarkah Bikin Bentuk Kepala Bayi Berubah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menyusui dengan Satu Payudara, Benarkah Bikin Bentuk Kepala Bayi Berubah? (70678)
Ilustrasi ibu menyusui bayinya. Foto: Shutterstock
Proses menyusui bagi ibu baru, memang tidak selalu mudah. Dalam perjalanannya, mungkin ada begitu banyak tantangan yang Anda hadapi, hingga tak jarang membuat ibu merasa kesulitan. Misalnya saja bila bayi hanya mau menyusu di satu payudara saja.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, ada yang bilang, menyusui bayi hanya di satu payudara saja bisa membuat bentuk kepalanya berubah. Lantas, benarkah hal itu?
Menyusui dengan Satu Payudara, Benarkah Bikin Bentuk Kepala Bayi Berubah? (70679)
menyusui Foto: Shutterstock

Kata Dokter soal Menyusui Bayi Hanya di Satu Payudara

Dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Menyusui, dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A, IBCLC mengatakan, ibu tidak perlu khawatir, sebab hal tersebut tidak akan memengaruhi bentuk kepala bayi. Yang terpenting pada saat tidur, kepala bayi sebisa mungkin di bolak-balik ke kiri dan kanan.
"Saya memahami bahwa ada ibu yang mungkin terbiasa pakai tangan kanan dan dia menyusui pakai payudara kiri saja, Kalau diubah kebiasaannya, seperti pakai tangan kiri untuk memberi ASI di payudara kanan, takut jadi kaku dan bingung," kata dr. Yohmi dalam Live Instagram Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT

Pakai Teknik Posisi Laid-Back saat Menyusui

Dokter yang juga menjabat Ketua Satgas ASI di IDAI ini menyarankan agar ibu mengakalinya dengan cara teknik menyusui laid-back. Posisi ini dilakukan seperti saat inisiasi menyusu dini (IMD) yaitu ibu berbaring setengah tiduran lalu bayi menempel di dada ibu.
"Harus dengan posisi ibu lonjor, dan bayinya ditegakkan garis lurus dan disandarkan ke dada. Dengan begitu, kalau ibu kagok menyusui pakai payudara kanan akan lebih mudah," ujarnya.
Menyusui dengan Satu Payudara, Benarkah Bikin Bentuk Kepala Bayi Berubah? (70680)
Ibu menyusui posisi laid back. Foto: Thinkstock
dr. Yohmi menambahkan yang terpenting kuncinya dari teknik tersebut adalah posisi bayi satu garis lurus, wajah di depan payudara, perut bayi menempel pada perut ibu, dan tubuh bayi sepenuhnya bersandar ke ibunya.
"Posisi ini merupakan posisi ternyaman untuk menyusui. Selain itu, posisi laid-back juga bisa diterapkan pada ibu menyusui yang kelahirannya lewat proses persalinan caesar dan ibu dengan puting datar pun juga bisa. Dengan begitu, ibu dan anak bisa mendapatkan bonding yang tepat," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, jadi jangan khawatir menyusui satu payudara saja tidak akan membuat kepala bayi berubah bentuk. Meski begitu, Anda tetap harus memastikan bayi menyusu di kedua payudara. Sebab, bila jarang disusui, maka produksi ASI di payudara bisa saja berhenti.