Mom
·
12 Oktober 2020 16:58

Minum Air Putih saat Perut Kosong, Benarkah Lebih Baik?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Minum Air Putih saat Perut Kosong,  Benarkah Lebih Baik? (12589)
Ilustrasi minum air putih. Foto: Shutter Stock
Moms, sudah cukupkah Anda minum air putih setiap hari? Jangan sampai lupa, ya. Ingatkan juga seluruh anggota keluarga untuk cukup minum air putih terutama bila banyak melakukan aktivitas yang membutuhkan dan mengeluarkan cairan dari dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Alasannya sangat jelas: tubuh kita terdiri atas 70% cairan. Dengan mengisi sebagian besar isi tubuh, cairan sangat esensial fungsinya demi kelangsungan kesehatan organ tubuh.
Lantas, kapan sebaiknya kita minum air putih. Apakah benar, lebih baik minum air putih saat perut kosong?

Minum Air Putih saat Perut Kosong

Minum Air Putih saat Perut Kosong,  Benarkah Lebih Baik? (12590)
Minum air putih tidak hanya saat merasa haus, sehabis makan, atau makan makanan yang pedas Foto: Shutterstock
Minum air putih sebaiknya memang tidak hanya saat merasa haus, sehabis makan, atau makan makanan yang pedas saja. Sebab waktu yang tak kalah penting musti minum air putih adalah saat perut dalam keadaan kosong.
Kita perlu tahu Moms, minum air putih saat perut kosong. Berikut di antaranya:
1. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh
Jika keluarga Anda sedang menerapkan program diet sehat, maka minum air putih dalam keadaan perut kosong bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 25 persen.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman Style Craze, sistem metabolisme tubuh yang meningkat maka akan mempercepat proses pencernaan makanan pula. Selain itu juga dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga bisa menjaga keluarga Anda tetap berada dalam ukuran ideal.
2. Meningkatkan Sistem Imun
Minum Air Putih saat Perut Kosong,  Benarkah Lebih Baik? (12591)
Ilustrasi ibu dan anak yang sehat karena cukup minum air putih Foto: Unsplash
Konsumsi air putih dalam kondisi perut kosong dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, dapat membuat tubuh terlindungi dari infeksi dan tidak mudah sakit. Apalagi dengan keadaan cuaca yang sekarang tidak menentu seperti ini.
3. Membersihkan Usus
Seperti flush di toilet, begitulah air putih dalam keadaan perut kosong bisa membersihkan saluran pencernaan. Bila dipraktikkan setiap hari, keluarga Anda jadi lancar menyingkirkan limbah dalam tubuh dengan rutin buang air besar.
ADVERTISEMENT
4. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
Minum Air Putih saat Perut Kosong,  Benarkah Lebih Baik? (12592)
Anak laki-laki sedang toilet training Foto: Shutterstock
Saat buang air kecil maupun berkeringat, sebetulnya Anda juga sedang mengeluarkan racun dari dalam tubuh dalam bentuk cairan. Semakin banyak minum air putih, maka semakin sering juga membuang racun dalam tubuh.
5. Meningkatkan Energi
Minum air putih saat perut kosong akan merangsang sel darah merah tumbuh lebih cepat, dampaknya dapat memompa oksigen ke jantung dan juga darah. Ini akan memberi tubuh lebih banyak energi, sehingga seluruh anggota keluarga jadi lebih bersemangat saat memulai hari.
6. Menyehatkan Rambut
Minum Air Putih saat Perut Kosong,  Benarkah Lebih Baik? (12593)
Anak menyisir rambut. Foto: Thinkstock
Minum air putih saat perut kosong bisa membuat rambut sehat. Sebaliknya, saat tubuh dehidrasi, rambut jadi terasa kering dan kasar. Anda pasti mau kan, melihat si kecil tumbuh dengan rambut indah dan sehat.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, mulai dari sekarang ajak seluruh anggota keluarga untuk rutin minum air putih saat perut kosong, terutama saat bangun pada pagi hari. Gunanya mengisi ulang cairan yang hilang saat kita tidur sepanjang malam.