kumparan
26 Oktober 2019 15:56

Moms, Begini Cara Jaga Kebersihan Kosmetik agar Kulit Tetap Sehat

Barry M, potrait
Produk kosmetik asal Inggris Barry M. Foto: Intan Kemala Sari/kumparan
Keluar rumah tanpa menggunakan kosmetik, rasanya memang tidak lengkap. Mulai dari mengantar anak ke sekolah, pergi ke kantor, apalagi untuk jalan-jalan atau acara istimewa.
ADVERTISEMENT
Karena kosmetik menemani hari-hari Anda, maka jangan hanya wajah yang dibersihkan usai menggunakannya demi terhindar dari jerawat, Moms.
Tapi jagalah juga kosmetik Anda agar tetap higienis, sebab bila kotor maka tak menghindari Anda dari jerawat, rasa gatal, bahkan infeksi pada kulit. Nah, tips di bawah ini bisa Anda lakukan:
Ilustrasi ibu hamil makeup, kosmetik ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil makeup, kosmetik ibu hamil. Foto: Shutterstock
1. Bersihkan peralatan makeup secara rutin
Alat bantu seperti seperti kuas, brush, atau spons, juga perlu 'dimandikan' secara berkala. Sebab, bila tidak dapat mengundang bakteri dan berisiko menimbulkan masalah kulit.
Mengutip Huffpost, kita perlu membersihkan brush kosmetik sekali seminggu dengan sampo lembut atau produk pembersih khusus brush. Setelahnya, kita juga bisa membersihkan brush dengan alkohol untuk menghilangkan bakteri.
2. Hindari berbagi dengan orang lain
ADVERTISEMENT
Kebiasaan ini rasa-rasanya harus Anda setop, Moms. Pasalnya hal itu dapat membawa bakteri maupun menularkan infeksi dengan mudah. Terlebih kita tak tahu bila teman kita punya masalah kulit tertentu.
Ilustrasi kosmetik kedaluwarsa
Ilustrasi kosmetik kedaluwarsa. Foto: Shutterstock
3. Tanggal kedaluwarsa
Seperti halnya makanan dan minuman, kosmetik juga punya tanggal kedaluwarsa. Ini artinya, penting bagi kita untuk memerhatikan tanggalnya serta tidak menggunakannya lagi saat waktunya sudah lewat.
4. Gunakan kosmetik dengan tangan yang bersih
Tangan yang bersih saat menggunakan kosmetik dapat menghindarkan Anda dari kontaminasi. Terlebih pada kosmetik yang harus dipakai menggunakan jari seperti: body butter, liquid highlighter, liquid eyeshadow, hingga cream blush on.
5. Simpan kosmetik dengan baik
Penyimpanan kosmetik juga ada aturan mainnya, Moms. Jangan letakan di tempat yang terpapar matahari secara langsung, maupun dalam kamar mandi yang lembap. Selain itu, hindari pula membiarkan kosmetik terbuka untuk waktu yang lama, karena ini akan mengundang bakteri.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan