kumparan
13 Juni 2019 11:01

Moms, Hindari Membekukan 5 Makanan Ini!

Membekukan makanan
Ilustrasi membekukan makanan di dalam freezer Foto: Shutterstock
Membekukan makanan supaya lebih awet, mungkin jadi salah satu hal yang paling sering kita, para ibu, lakukan di rumah. Maklum, seringkali ada makanan yang tersisa dan masih ingin dimakan kembali. Bisa juga kita sengaja menyiapkan makanan dalam jumlah yang lebih banyak dan membekukannya untuk persediaan di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
Tapi ternyata, tidak semua makanan baik untuk disimpan di dalam freezer atau dibekukan lho, Moms. Salah-salah, malah bikin kualitas rasa dan teksturnya bisa berubah atau menimbulkan masalah kesehatan.
Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya tak disimpan dalam freezer? Berikut lima di antaranya:
Ilustrasi Nugget Tempe Wortel
Ilustrasi Nugget Tempe Wortel Foto: Instagram @ tastyfood_id
1. Makanan yang digoreng
Gorengan semalam masih tersisa banyak? Atau, ayam goreng yang kemarin Anda masak belum habis-habis? Simpan di kulkas saja dan segera habiskan deh, Moms. Karena bila gorengan dibekukan , teksturnya akan jadi lembek serta berair. Tidak enak, kan?
Ilustrasi daging sapi
Kandungan zat besi daging sapi 3 kali daging ayam Foto: Pixabay
2. Daging mentah
Hindari membekukan ulang daging mentah yang sudah Anda cairkan. Apa sebabnya? Daging beku yang sudah tersentuh suhu ruangan, dapat memicu pertumbuhan bakteri dengan cepat.
ADVERTISEMENT
Menaruhnya kembali di dalam freezer justru akan membuat daging atau makanan lain terkontaminasi. Bila ingin menyimpannya dalam freezer, masak daging terlebih dahulu hingga matang untuk membunuh bakteri di dalamnya.
Ilustrasi Pasta Seafood and Cheese
Ilustrasi Pasta Seafood and Cheese Foto: AP
3. Pasta yang sudah dimasak
Membekukan pasta dapat merusak teksturnya. Pasta akan berubah jadi lembek saat di keluar dari freezer dan membuat makanan ini tak lagi nikmat dikonsumsi.
4. Saus
Saus yang disimpan dalam freezer akan menggumpal saat disajikan kembali. Apalagi, bila yang disimpan adalah jenis saus yang terbuat dari krim dan susu. Kedua bahan ini akan terpisah, dan membentuk dua lapisan berbeda bila dibekukan.
Nasi Besmati
Contoh nasi besmati produksi Indonesia. Foto: Elsa Olivia/kumparan
5. Nasi
Sama halnya seperti membekukan pasta yang sudah dimasak, menyimpan nasi dalam freezer akan mengubah teksturnya. Nasi akan menjadi lembek, berair, dan kehilangan cita rasanya saat sudah mencair.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan