Mom10 September 2020 18:30

Nutrisi Tepat untuk Dukung Daya Tahan Tubuh Anak dan Kecerdasannya

Konten Redaksi kumparan
Nutrisi Tepat untuk Dukung Daya Tahan Tubuh Anak dan Kecerdasannya (622085)
Ilustrasi anak makan. Foto: Shutterstock
Di masa new normal seperti ini, daya tahan tubuh anak tentu menjadi hal yang perlu diprioritaskan. Salah satu caranya adalah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Ya Moms, penelitian menunjukkan, 80 persen sel imun berada di pencernaan. Itu artinya, makanan yang dikonsumsi anak berpengaruh pada sistem imun.
Dalam kumparanMOM Playdate "Waktu Tak Bisa Kembali" bersama Morinaga dengan tema Nutrisi Tepat, Si Kecil Siap Hadapi New Normal, Healthcare Communicator, dr. Muliaman Mansyur mengatakan makanan yang diberikan kepada anak tidak cuma asal kenyang, tapi juga bergizi seimbang. Selain mencukupi kebutuhan kalori, kandungan protein dan vitamin dalam makanan juga penting diperhatikan.
"Kalau kita bicara soal daya tahan tubuh dan antibodi, itu yang bentuk adalah protein. Vitamin dapat membantu membentuk sistem imun, sel-sel epitel pernapasan juga makin kuat. Laktoferin dan probiotik juga menunjang daya tahan tubuh anak," jelas dr. Muliaman.
Tak hanya itu, nutrisi juga dapat menunjang kecerdasan anak, apalagi di masa emasnya, yaitu hingga ia berusia 5 tahun. Dilansir US National Library of Medicine, tubuh mempunyai gut brain axis yang merupakan jalur komunikasi dua arah antara otak dan saluran cerna. Jalur ini menghubungkan pusat emosi dan kognitif otak dengan fungsi usus yang dipengaruhi oleh bakteri baik di dalamnya. Karena sebab inilah, pencernaan sering disebut sebagai second brain manusia, Moms.
Nutrisi Tepat untuk Dukung Daya Tahan Tubuh Anak dan Kecerdasannya (622086)
kumparanMOM Playdate "Waktu Tak Bisa Kembali" bersama Morinaga. Foto: kumparan
Sayangnya, beberapa orang tua menghadapi anak yang hanya mau makan makanan tertentu saja (picky eater). Dalam dunia medis, jelas dr. Muliaman, picky eater merupakan gangguan perilaku makan anak yang ditandai dengan penolakan anak mengonsumsi suatu makanan.
"Anak-anak yang picky eater harus diperhatikan. Tak hanya dari asupan nutrisi anak, tapi juga pola pemberian nutrisi itu sendiri. Kadang-kadang orang tua merasa anak tidak mau makan karena makanannya. Padahal, situasi makan yang tidak kondusif bisa jadi penyebab anak picky eater," jelas dr. Muliaman.

Cara atasi anak yang picky eater

Nutrisi Tepat untuk Dukung Daya Tahan Tubuh Anak dan Kecerdasannya (622087)
Ilustrasi gerakan tutup mulut (GTM) yang terjadi pada anak. Foto: Shutterstock
Lebih lanjut, dr. Muliaman mengatakan, orang tua perlu memerhatikan jam makan dan situasi saat anak makan. Usahakan anak makan tiga kali sehari diselingi camilan pada jam 9-10 pagi dan 3-4 sore, dengan durasi sekali makan tidak lebih dari 30 menit.
"Proses makan harus selesai dalam 30 menit, berapa pun anak bisa diberikan makan. Jika orang tua merasa porsi makan anak kurang, bisa memberikan susu setelah makan. Jadi jangan kasih susu sebelum makan, karena anak bisa kenyang," ungkapnya.
Nah Moms, salah satu susu yang bisa menjadi pilihan adalah Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma Σ Triple Bifidus. Merupakan susu pertumbuhan si kecil di usia 1-3 tahun, Morinaga Chil Kid Platinum mengandung inovasi unggulan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil jadi generasi yang siap menghadapi masa depan, Moms.
Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma Σ Triple Bifidus memiliki kandungan nutrisi AA & DHA, alfa laktalbumin, kolin, zat besi, omega 6 & omega 3, dan fosfolipid untuk mendukung kecerdasan multitalenta. Selain itu, nukleotida, prebiotik GOS, dan triple bifidus yang terkandung di dalamnya dapat membuat pertahanan tubuh ganda. Nah Moms, triple bifidus merupakan gabungan tiga bakteri baik (bifidobacterium) yang terdapat di saluran cerna untuk mendukung kesehatan pencernaan si kecil.
Tak hanya itu, susu pertumbuhan ini juga dilengkapi dengan kalsium, magnesium, whey protein, beta palmitat, serta vitamin dan mineral yang berperan dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak.
Selain diminum langsung, Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma Σ Triple Bifidus juga dapat dikreasikan menjadi makanan anak yang lezat dan kaya nutrisi. Pada kumparanMOM Playdate bersama Morinaga, chef Edwin Lau memasak dua makanan yang bisa Anda buat di rumah menggunakan susu Morinaga Chil Kid Platinum, Moms.
Makanan pertama yaitu cream soup havermout. Chef Edwin menggunakan susu Morinaga Chil Kid Platinum rasa madu yang dicampur dengan oatmeal untuk kuah sup. Agar nutrisi susu tidak hilang saat dikonsumsi si kecil, Chef Edwin hanya mencampurkan susu dengan air hangat dan tidak memasaknya. Oatmeal dipilih karena kandungan seratnya yang tinggi dapat lebih menyehatkan dan mengenyangkan, Moms.
Nutrisi Tepat untuk Dukung Daya Tahan Tubuh Anak dan Kecerdasannya (622088)
Strawberry smooties. Foto: Shutterstock
Chef Edwin juga memasak strawberry smoothies dengan cita rasa cheesecake. Jika biasanya smoothies menggunakan yoghurt untuk pengentalnya, Chef Edwin menggantinya dengan sour cream dan susu Morinaga Chil Kid Platinum. Sour cream dapat menghadirkan cita rasa asam yang biasa ada pada cheesecake. Selain strawberry, Anda dapat mengganti buahnya dengan pisang, buah naga, ataupun kiwi.
Untuk menyaksikan cara membuat cream soup havermut dan strawberry cheesecake smoothies, Anda dapat klik di sini.
Gimana Moms? Seru kan kumparanMOM Playdate "Waktu Tak Bisa Kembali" bersama Morinaga kali ini? Jika Anda belum sempat menontonnya, tak perlu khawatir. Anda masih bisa menyaksikannya langsung dengan klik video di bawah.
Video
Mulai sekarang, yuk dukung anak jadi generasi platinum yang multitalenta dengan Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma Σ Triple Bifidus!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Morinaga
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white