kumparan
search-gray
Mom30 Juli 2020 11:09

Panduan Salat Idul Adha di Rumah bersama Keluarga

Konten Redaksi kumparan
Panduan Salat Idul Adha di Rumah bersama Keluarga (1244369)
Ilustrasi salat Idul Adha di rumah. Foto: Shutter Stock
Karena pandemi, Idul Adha tahun ini mungkin akan terasa berbeda bagi keluarga Anda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mungkin saja, ada beberapa tradisi atau kebiasaan yang tidak dapat dijalankan untuk menghindari penularan virus corona. Melakukan salat Id secara berjamaah di masjid atau lapangan misalnya.
ADVERTISEMENT
Memang, ada masjid di beberapa wilayah yang sudah dibuka dan akan melaksanakan salat berjamaah. Namun pelaksanaannya tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Moms. Namun bila Anda merasa khawatir, tidak salat Id di masjid pun tidak apa-apa, kok. Lakukan lah salat Id bersama keluarga di rumah saja.
Panduan Salat Idul Adha di Rumah bersama Keluarga (1244370)
Ilustrasi salat bersama anak dan keluarga di rumah Foto: Shutterstock
Hal ini juga sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 36 tentang Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban saat Wabad COVID-19, wajib menghindari kerumunan, memakai masker, dan menjaga jarak. Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Ni'am Sholeh mengimbau, agar umat islam memperhatikan kondisi daerahnya.
Bagi yang daerahnya sudah aman dari penyebaran virus corona, salat id secara berjamaah harus menerapkan jaga jarak dan pakai masker. Selain itu, ia juga menyarankan agar jamaah untuk berwudhu di rumah, dan membawa sajadah sendiri ketika akan melaksanakan salat Id di luar rumah. Sementara bila daerah Anda masih berisiko sedang dan tinggi penyebaran corona, maka disarankan untuk melaksanakan salat Idul Adha di rumah saja.
ADVERTISEMENT
Lantas, seperti apa panduan pelaksanaannya?
Panduan Salat Idul Adha di Rumah bersama Keluarga (1244371)
Salat Idul Adha berjamaah bersama keluarga di rumah. Foto: REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana

9 Langkah Tunaikan Salat Idul Adha di Rumah

1. Pastikan melaksanakan salat id ketika waktu Dhuha. Perbanyak bacaan takbir, tahmid, dan tasbih sebelum salat id.
2. Niat salat id cukup dalam hati dan tidak perlu dilafalkan.
3. Takbiratul ihram dan ucapkan takbir sebanyak 7 kali pada rakaat pertama. Lalu, bacaan tiap takbir adalah "Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaa illallaah wallahu akbar."
4. Membaca Surat Al-Fatihah diikuti surat Al A'laa dan Al Ghasiya, terutama jika hari Id jatuh pada hari Jumat.
5. Melakukan gerakan bacaan ruku', sujud, duduk di antara dua sujud dan seterusnya sampai berdiri lagi.
6. Pada rakaat kedua, sebelum membaca Al-Fatihah, ucapkan takbir sebanyak 5 (lima) kali sambil mengangkat tangan, di luar takbir saat berdiri (takbir qiyam). Kemudian membaca "subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar".
ADVERTISEMENT
7. Setelah itu, membaca Al-Fatihah dan membaca surat pendek dari Alquran.
8. Ruku’, sujud, dan seterusnya hingga salam.
9. Melaksanakan khutbah dan mendengarkan khutbah hukumnya sunnah dan tidak berpengaruh pada keabsahan shalat Id jika meninggalkannya. Namun jika masih ingin melaksanakannya akan lebih baik, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white