Mom
·
16 Oktober 2020 16:01

Parenting Islami: Cara Agar Anak Mencintai Allah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Parenting Islami: Cara Agar Anak Mencintai Allah (12688)
Ilustrasi anak muslim dan keluarganya. Foto: Shutter Stock
Pendidikan agama menjadi salah satu hal yang perlu Anda tanamkan sejak dini pada anak. Sebab, hal ini tentu akan bermanfaat hingga si kecil kelak. Ya, dengan fondasi agama yang kuat, anak akan lebih mantap dalam menjalankan hidupnya.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, kita perlu memastikan agar anak mencintai Allah, Sang Pencipta, agar si kecil tumbuh jadi anak yang mudah bersyukur. Lantas, bagaimana caranya agar anak mencintai Allah dan agama Islam?
Parenting Islami: Cara Agar Anak Mencintai Allah (12689)
Ilustrasi ibu hamil dan suami beragama Islam membaca Al Quran. Foto: Shutterstock

Cara Agar Anak Mencintai Allah

Terkait hal itu, Ustazah Hani Nurul Husna Lc, pendakwah rutin di Masjid An-Nabawi, Tangerang ini mengatakan bahwa menanamkan rasa kasih sayang atau cinta kepada Allah dapat dilakukan sejak si kecil masih berada di dalam kandungan. Menunaikan ibadah salat lima waktu hingga melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran secara tak langsung dapat memberikan dampak pada perkembangan bayi di dalam kandungan. Ya, pada saat si kecil lahir dan Anda kembali membacakan salah satu surat dalam Al-Quran misalnya, ia pun tak asing mendengarnya.
ADVERTISEMENT
"Dari sejak anak masih berada dalam kandungan dan saat lahir kita bisa kenalkan nama Allah SWT dengan selalu berzikir," kata Ustazah Hani kepada kumparanMOM.
Parenting Islami: Cara Agar Anak Mencintai Allah (12690)
anak belajar salat Foto: Shutterstock

Memberikan Contoh yang Baik pada Anak

Seiring bertambahnya usia anak, ia tentu akan mencontoh berbagai hal yang dikerjakan orang tuanya. Misalnya, orang tuanya sedang melaksanakan salat, anak pun sebenarnya memiliki rasa penasaran dengan apa yang dilakukan orang tuanya itu. Mungkin saja si kecil akan meniru gerakan salat yang Anda lakukan.
Bila hal ini dilakukan anak Anda, sebaiknya Anda dapat memfasilitasinya dengan memberikannya mukena (untuk anak perempuan) atau sarung dan peci (untuk anak laki-laki). Kemudian dorong mereka untuk terus dapat melaksanakan ibadah bersama Anda dan keluarga di rumah. Selain itu, Anda juga bisa berikan penjelasan kepadanya dengan bahasa sederhana tentang alasan mengapa ia harus salat.
ADVERTISEMENT
"Lakukanlah ibadah bersama anak, kemudian selalu berikan pemahaman berulang kali sampai anak paham," ujarnya.
Parenting Islami: Cara Agar Anak Mencintai Allah (12691)
Ilustrasi ibu membacakan kisah nabi pada anak. Foto: Shutter Stock

Ceritakan Kisah Nabi

Membacakan kisah nabi juga dapat Anda lakukan sebelum anak tidur, Moms. Ya, ada banyak kisah nabi yang mengandung pesan yang baik untuk anak dalam hal belajar mengenal Allah. Misalnya, kisah Nabi Ismail yang berbakti kepada orang tua.
Berdoa kepada Allah
Setelah berbagai usaha telah Anda lakukan agar anak dapat mencintai Allah, tentu pada akhirnya serahkan saja semuanya kepada Sang Pencipta. Karena, doa adalah salah satu cara terakhir yang dapat Anda lakukan agar anak dapat menjadi seseorang yang Anda harapkan. Ada pun salah satu doa yang dapat Anda panjatkan adalah sebagai berikut.
للّهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِيْ وَلاَ تَضُرُّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِيْ بِرَّهُمْ ....
ADVERTISEMENT
(Allahumma baarik lii fii aulaadiiy, wah-fadh-hum walaa tadhurruhum, wawaffiqhum li-thoo’atika, war-zuqnii birrohum….)
Artinya: "Ya Allah, berkahilah aku, anak-anakku, dan janganlah Engkau bahayakan mereka, berikan mereka jalan mudah (taufik) untuk mentaatimu, dan anugerahkan mereka kebaikan."