kumparan
10 Februari 2018 15:06

Pemicu Gigi Anak Berwarna Cokelat

Ilustrasi menyikat gigi anak
Ilustrasi menyikat gigi anak (Foto: Thinkstock)
Bukan hanya orang dewasa, perubahan warna gigi menjadi cokelat juga banyak terjadi pada anak-anak. Dikutip dari Mayoclinic, perubahan warna gigi pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal.
ADVERTISEMENT
Sebut saja antara lain cara menggosok gigi yang kurang benar, penggunaan obat-obatan, cedera gigi, gula, bakteri, hingga penyakit bawaan lahir.
Selain itu, gigi berwarna cokelat dapat dipicu akibat anak terlalu banyak mengonsumsi multivitamin yang mengandung zat besi. Bisa juga akibat fluorosis -suatu kondisi yang disebabkan oleh terlalu banyak konsumsi flourida melalui suplemen atau air. Pada sebagian kasus, warna gigi anak juga bisa berubah menjadi hitam akibat fluorosisis.
Dikutip dari Livestrong, cara menghilangkan noda cokelat pada gigi anak adalah dengan cara menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, terutama setelah makan dan sebelum tidur.
Namun, dalam kasus tertentu misalnya anak Anda mengalami perubahan warna gigi yang cukup parah ditambah lagi dengan kerusakan gigi, maka anda harus segera membawa anak ke dokter gigi profesional untuk mendapatkan perawatan.
ADVERTISEMENT
Bila warna gigi anak sudah kembali cerah, jaga warnanya dengan memastikan anak menyikat giginya secara rutin. Gunakan pasta gigi yang dirancang khusus untuk anak yang tidak mengandung fluorida terutama jika anak belum mengerti cara meludah.
Jika anak anak mulai paham bagaimana menyikat gigi yang benar dan Anda yakin ia tidak akan menelan pasta giginya, baru anak dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride.
Jangan lupa, Moms, usahakan dampingi anak saat menyikat gigi ya. American Dental Association menyarankan Anda agar terus mendampingi anak menyikat gigi hingga dia berusia 6 tahun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan