kumparan
9 Januari 2018 16:23

Penting! 5 Catatan Nutrisi untuk Anak Usia Sekolah

Masa liburan berakhir, saatnya anak-anak kembali ke rutinitasnya sehari-hari. Kegiatan belajar di sekolah, ektrakulikuler hingga les tambahan yang padat menyebabkan energi dan pikiran anak banyak terkuras.
ADVERTISEMENT
Agar anak dapat terus bersemangat dan menikmati deretan aktivitas ini, pastikan Anda mengingat lima hal terkait nutrisi yang anak butuhkan sebagaimana dilansir Active Beat berikut ini:
1. Cukupi vitamin dan mineral penting
Belajar selama berjam-jam di sekolah bisa menyebabkan kelelahan pada badan dan pikiran anak. Maka, asupan vitamin dan mineral perlu ditambahkan pada makanan anak, seperti kalsium dan zat besi.
Merasa mengantuk terus menerus
Merasa mengantuk terus menerus. (Foto: Thinkstock)
Kalsium dapat membantu menguatkan tulang untuk aktivitas fisik yang berat. Moms bisa membekali anak dengan nutrisi kaya kalsium seperti keju, susu dan yogurt.
Selain itu, zat besi penting untuk menjaga anak agar tidak mudah lelah. Moms bisa menambahkan berbagai jenis makanan kaya akan zat besi seperti sayuran hijau sebagai menu sarapan atau makan siang.
ADVERTISEMENT
2. Camilan sarat gizi
Anak-anak memang mudah tergoda jajanan dalam kemasanan warna-warni yang penuh pengawet, penyedap dan pewarna buatan. Bagaimana cara mengatasinya? Coba bekali anak dengan camilan sehat namun tetap menarik.
Makan Roti Gandum
Makan Roti Gandum (Foto: Pexels )
Roti gandum dengan lapisan isi favoritnya, potongan buah yang disajikan dalam bentuk sate, kacang-kacangan campur yang garing dan gurih, atau kroket nasi buatan Anda.
Jangan lupa kemas dengan wadah kesayangan mereka atau beri tambahan catatan lucu untuk menyemangatinya.
3. Air yang cukup
Dehidrasi akibat kekurangan air dapat menurunkan daya konsentrasi. Tidak mau dong, anak sampai tidak fokus belajar karena masalah ini?
Hidrasikan kulit dengan meminum air 8 gelas sehari
Gelas air putih. (Foto: Pexels)
Ingatkan dan biasakan anak untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Anda bisa menyediakan botol minum berisi air putih untuk dibawanya ke mana saja. Agar lebih segar, beri potongan buah seperti apel atau mentimun.
ADVERTISEMENT
4. Makan teratur
Waktu makan yang teratur sama pentingnya dengan menjaga kecukupan nutrisi anak. Jangan sampai, ada waktu makan yang terlewat atau jarak yang terlalu jauh antara dua waktu makannya.
Budaya makan bekal di sekolah
Budaya makan bekal di sekolah (Foto: thinkstock)
Biasakan juga anak makan dengan porsi yang kecil tapi teratur dibanding makan banyak sekaligus saat ia sudah sangat lapar. Menurut Medical Research Council yang dilansir Daily Mail, makan teratur akan membuat asam lemak dalam darah akan tetap stabil termasuk juga pada anak.
5. Istirahat dan rileksasi
Anak-anak perlu istirahat yang cukup untuk mengembalikan stamina dan energinya setelah seharian beraktivitas di sekolah.
Selain itu, rileksasi juga diperlukan agar anak kembali segar dan siap menjalani kegiatan belajar dan bermain di sekolah.
ADVERTISEMENT
Usahakan anak tetap mendapatkan waktu tidur siang jika usianya masih di bawah 5 tahun dan pastikan anak yang berusia lima tahun ke atas memperoleh setidaknya 10-11 jam tidur setiap hari.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan