kumparan
4 Agustus 2018 21:20

Penyebab Anak Demam Hanya di Malam Hari

Ilustrasi Anak Demam pada Malam Hari
Ilustrasi Anak Demam pada Malam Hari (Foto: Shutterstock)
Ketika anak demam, ibu mana yang tidak merasa khawatir? Anak bisa mengalami demam saat terkena flu atau ketika sistem kekebalan tubuhnya terganggu. Selain itu, demam juga bisa jadi salah satu tanda adanya infeksi.
ADVERTISEMENT
Namun, bagaimana jika anak demam hanya pada malam hari? Tidak perlu bingung, ini wajar dan bisa dialami oleh siapa saja, Moms. Anda mungkin saja melihat anak tampak segar di pagi dan siang hari, namun tiba-tiba suhu tubuhnya naik hingga mengalami demam pada malam hari.
Tapi memang, demam di malam hari tentunya dapat membuat anak rewel atau mengganggu waktu tidurnya. Anak pun terbangun dengan rasa lelah di pagi hari akibat tidak cukup istirahatnya. Nah, sebenarnya apa yang jadi penyebab anak demam hanya di malam hari? Melansir Boldsky, berikut beberapa kemungkinannya.
1. Bakteri dari luar
Di malam hari, ada produk bakteri yang disebut pirogen yang bisa datang dari luar tubuh dan masuk ke dalam tubuh. Bila masuk ke dalam tubuh, pirogen dari luar akan membuat tubuh memproduksi pirogen sendiri lantas menimbulkan demam pada tubuh.
ADVERTISEMENT
2. Infeksi Saluran Pernapasan Atas
Demam pada malam hari seringkali merupakan gejala pilek dan infeksi saluran pernapasan. Memang umumnya demam di malam hari ini hanya merupakan demam biasa yang disebabkan oleh pilek biasa. Tetapi demam di malam hari juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan yang lebih serius seperti laring, trakea, bronkitis, atau lainnya.
Lantas bagaimana membedakannya? Caranya dengan melihat berapa lama demam terjadi. Pilek biasa umumnya hanya menyebabkan anak demam tidak lebih dari 3 x 24 jam, sementara infeksi lainnya bisa bertahan lebih lama bergantung pada sistem kekebalan tubuh seseorang.
Ilustrasi anak demam
Ilustrasi anak demam. (Foto: Thinkstock)
3. Infeksi saluran kemih
Bila anak mengalami infeksi saluran kemih, demam juga bisa terjadi. Biasanya, demam karena infeksi ini diikuti dengan rasa sakit pada saluran kemih. Jika mencurigai anak mengalami hal ini, segera periksakan anak ke dokter, Moms. Pasalnya, bila anak demam karena infeksi saluran kemih tidak bisa sembuh dengan sendirinya dan membutuhkan obat-obatan tertentu.
ADVERTISEMENT
4. Infeksi kulit
Demam di malam hari juga bisa disebabkan oleh infeksi kulit. Misalnya dari luka di salah satu bagian tubuh anak. Karena itu sebaiknya luka tersebut segera diobati.
5. Peradangan
Selain infeksi, peradangan dalam tubuh dapat membuat anak mengalami demam hanya malam hari saja. Peradangan akibat reaksi alergi misalnya.
Jadi, coba amati kondisi anak dengan seksama Moms, agar Anda dapat mengetahui penyebabnya. Semoga berhasil, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan