Mom
·
20 November 2020 15:37

Penyebab Ibu Hamil Mimisan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Ibu Hamil Mimisan (11775)
ilustrasi mimisan Foto: Thinkstock
Mimisan bisa dialami siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Ya, mendapati hidung mengeluarkan darah, mungkin bisa membuat ibu hamil panik, cemas, dan tidak nyaman.
ADVERTISEMENT
Tapi tenang dulu, Moms, rupanya mimisan merupakan kondisi yang wajar bagi ibu hamil. Terutama jika usia kandungan Anda sudah memasuki trimester kedua dan ketiga.
Meski terbilang tidak berbahaya, Anda tetap perlu waspada dengan penyebab-penyebab yang bisa membuat Anda mimisan selama hamil, Moms.
Mengutip Boldsky, ada tiga penyebab utama yang menyebabkan Anda bisa mimisan ketika hamil, yaitu:

3 Penyebab Ibu Hamil Mimisa

1.Adanya tekanan pada pembuluh darah

Seperti setiap bagian lain di tubuh Anda, pembuluh darah di hidung juga mengalami perubahan akibat hormon kehamilan. Pembuluh darah akan mengembang selama kehamilan. Akibatnya, akan ada suplai darah yang lebih besar juga. Pembuluh darah yang halus, mungkin tidak kuat menahan aliran darah yang berlebih, sehingga bisa pecah dan terjadilah mimisan.
Penyebab Ibu Hamil Mimisan (11776)
Ibu hamil sakit. Foto: Thinkstock

2.Hidung yang kering

Keringnya hidung merupakan salah satu penyebab paling umum mimisan ketika hamil. Hidung kering bisa disebabkan karena udara yang dingin, infeksi sinus, alergi maupun perubahan cuaca.
ADVERTISEMENT

3.Diabetes dan tekanan darah tinggi

Mimisan juga bisa terjadi ketika tekanan darah Anda tinggi, atau ketika Anda memiliki riwayat diabetes. Saat hamil, kedua hal ini sangat mungkin terjadi karena adanya perubahan hormon.
Meski begitu, jika intensitas mimisan sering kali terjadi pada Anda, ada baiknya Anda memeriksakan kondisi ini ke dokter THT untuk mengetahui penyebab utamanya.