Mom
·
12 Oktober 2020 12:12

Penyebab Kulit Si Kecil Mengelupas seperti yang Dialami Bayi Alice Norin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Kulit Si Kecil Mengelupas seperti yang Dialami Bayi Alice Norin (31396)
Alice Norin saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta, Kamis, (20/2). Foto: Ronny
Beberapa waktu lalu, Alice Norin dan sang suami, Alvin Yudhapatria kembali dikaruniai anak kedua berjenis kelamin perempuan. Bayi tersebut yang diberi nama Alana Naira Lawi itu lahir pada 9 September 2020.
ADVERTISEMENT
Sama seperti selebriti lainnya, Alice pun kerap membagikan berbagai momen bersama bayinya yang baru berusia 1 bulan. Bahkan, beberapa fotonya menampilkan Alana tengah melakukan sesi foto. Hihi gemasnya!
Menariknya, dari salah satu foto tersebut tampak beberapa bagian kulit Alana mengelupas. Rupanya, perempuan berusia 33 tahun itu sengaja mengabadikan momen tersebut, Moms. Menurut penuturan Alice, hal itu tak akan terulang alias hanya terjadi sekali saat bayi baru lahir. Ya, diakuinya kondisi tersebut juga dialami oleh anak pertamanya, Alita saat lahir.
"Dari zaman Alita, senang banget kalau bisa mendapatkan details photo newborn tangan, kaki, dan lain-lain. Karena ini enggak akan pernah ada lagi kulit ngelupas dan masih merah begini jadi wajib harus diabadikan," tulis Alice Norin dalam salah satu unggahannya tersebut.
Penyebab Kulit Si Kecil Mengelupas seperti yang Dialami Bayi Alice Norin (31397)
Alice Norin dan anak keduanya Foto: Instagram @alicenorin

Penyebab Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas

Moms, apakah si kecil juga mengalami hal yang sama seperti bayi Alice Norin? Jika ya, tak perlu cemas karena hal ini wajar terjadi pada bayi baru lahir.
ADVERTISEMENT
Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dalam laman resminya menjelaskan, kulit bayi yang kering dan mengelupas itu disebabkan oleh kondisi kulit bayi baru lahir yang terbungkus berbagai jenis cairan. Cairan tersebut di antaranya ada ketuban, darah, dan lapisan putih 'kotor' vernix.
Setelah kulit dibersihkan, kulit akan beradaptasi dengan dunia luar. Lapisan terluar kulit bayi akan terus mengelupas sampai bersih sampai kira-kira 1-2 minggu lamanya. Hal ini pun tergantung dari apakah si kecil bayi prematur, cukup bulan, atau terlambat.
Jadi, tak diperlukan perawatan khusus dalam menangani kulit bayi yang mengelupas, ya, Moms. Anda cukup perhatikan, bila tidak berlangsung lama pengelupasan kulitnya, berarti ada banyak vernix yang dimiliki bayi.
Hanya saja yang perlu Anda waspadai adalah jika pengelupasan kulitnya disertai kondisi kulit kemerahan yang meradang, menebal, dan bersisik. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penyakit genetik iktiosis. Bila mendapati kondisi tersebut, segera hubungi dokter agar si kecil dapat diperiksa dengan lebih seksama.
ADVERTISEMENT