Mom
·
18 Juli 2021 8:56
·
waktu baca 2 menit

Penyebab Nyeri Bahu saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Nyeri Bahu saat Hamil (497948)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil nyeri bahu. Foto: Shutter Stock
Saat hamil, tubuh Anda akan banyak berubah dan perubahan tersebut bisa saja membuat Anda tidak nyaman. Apalagi jika sudah terasa nyeri di beberapa bagian anggota tubuh, seperti kaki, pinggang, punggung, atau pun bahu.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, nyeri bahu juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Hal ini dapat disebabkan oleh berat badan yang bertambah, postur yang berubah, atau perubahan fisiologis yang akhirnya menyebabkan rasa tidak nyaman.
Selain itu, ternyata ada banyak penyebab mengapa nyeri bahu bisa dirasakan oleh ibu hamil. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Penyebab Nyeri Bahu pada Ibu Hamil

Penyebab Nyeri Bahu saat Hamil (497949)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil nyeri bahu. Foto: Shutter Stock
1. Kehamilan Ektopik
Jika Anda merasakan nyeri bahu di awal kehamilan, ini bisa jadi tanda kehamilan ektopik atau tuba. Kondisi ini perlu segera mendapatkan pertolongan medis, Moms.
Sebab pada kehamilan ektopik, embrio yang berkembang mulai tumbuh di saluran tuba atau leher rahim, bukan rahim. Kehamilan ektopik ditandai dengan rasa sakit yang tajam dan menusuk yang dimulai di perut dan menyebar ke bahu dan punggung.
ADVERTISEMENT
2. Batu Empedu
Nyeri bahu juga bisa karena batu empedu yang merupakan endapan kolesterol atau kalsium di kantung empedu atau saluran empedu. Penderita batu empedu, biasanya akan merasakan sakit yang menusuk di perut bagian atas yang menjalar ke punggung dan bahu.
3. Masalah Perut
Terkadang, nyeri bahu dapat disebabkan oleh masalah perut seperti sembelit, kembung, dan sakit maag. Mengutip First Cry Parenting, rasa sakit ini akan menyebar dari perut lalu ke punggung dan bahu.
4. Berat Badan Berlebihan
Berat badan yang berlebihan atau tidak seimbang juga akan menyebabkan nyeri tulang belikat selama trimester kedua kehamilan. Rasa sakit ini biasanya berasal dari punggung bagian bawah dan menyebar ke otot punggung dan bahu.
Penyebab Nyeri Bahu saat Hamil (497950)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil nyeri bahu. Foto: Shutter Stock
5. Posisi Tidur
ADVERTISEMENT
Pada trimester kedua dan ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan nyeri bahu di sebelah kiri. Karena pada trimester ini, ibu hamil sebaiknya selalu tidur menghadap ke kiri, agar bayi di dalam kandungan mendapatkan aliran darah yang baik.
6. Preeklamsia
Nyeri bahu kanan yang parah bisa jadi tanda preeklamsia, kondisi ini ditandai dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kelebihan protein dalam urine. Jika terlambat ditangani, preeklamsia bisa menyebabkan kematian pada ibu dan janin.
7. Stres
Jika Anda mengalami nyeri bahu yang dibarengi dengan ketegangan dan kekakuan di punggung atas, dasar tengkorak, sakit kepala, dan migrain, bisa jadi penyebabnya adalah stres, Moms.