Mom
·
17 November 2020 10:22

Penyebab Unyeng-Unyeng Dua, Benarkah Karena Anak Nakal?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Unyeng-Unyeng Dua, Benarkah Karena Anak Nakal? (116411)
Penyebab Unyeng-Unyeng Dua Foto: Shutterstock
Setiap anak unik dan istimewa. Mereka lahir dengan kondisi fisik yang berbeda-beda dari ujung kaki hingga ujung kepala. Termasuk, unyeng-unyeng atau titik di mana rambut tumbuh melingkar di antaranya. Ada yang lahir dengan satu unyeng-unyeng, ada juga yang punya dua!
ADVERTISEMENT
Tapi pernahkah Anda mendengar orang berkata, anak yang punya dua unyeng-unyeng adalah anak yang nakal?
Bila pernah, jangan percaya begitu saja. Unyeng-unyeng tidak ada hubungannya dengan sifat atau karakter anak.
Lantas, apa yang menyebabkan sebagian anak punya unyeng-unyeng dua?

Jumlah Unyeng-unyeng Ditentukan Oleh Gen

Penyebab Unyeng-Unyeng Dua, Benarkah Karena Anak Nakal? (116412)
Jumlah unyeng-unyeng di kepala anak ditentukan oleh genetik orang tuanya Foto: Shutterstock
Dalam tulisan "Myths of Human Genetics: Hair Whorl" dalam laman University of Delaware dijelaskan, jumlah unyeng-unyeng (dalam bahasa Inggris disebut hair whorl) ternyata ditentukan oleh genetik. Artinya? Jika punya dua unyeng-unyeng, si kecil 'mendapatkannya' dari Anda, ayahnya, atau kakek-neneknya, Moms.
Namun memang, tidak banyak orang yang memiliki dua unyeng-unyeng. Bankan menurut penelitian genetis yang dilakukan Wunderlich dan Hereema pada 1975, hanya sekitar 1,5 persen populasi di dunia yang memiliki dua atau lebih unyeng-unyeng.
ADVERTISEMENT
Beberapa penelitian lain menemukan angka lebih besar dari penelitian ini, tapi tetap saja tidak ada yang lebih dari 6 persen.

Fakta Lain Soal Rambut di Sekitar Unyeng-Unyeng

Penyebab Unyeng-Unyeng Dua, Benarkah Karena Anak Nakal? (116413)
Anak dengan dua unyeng-unyeng Foto: Shutterstock
Tak hanya soal jumlah, genetik ternyata juga berperan dalam menentukan arah pertumbuhan rambut di sekitar unyeng-unyeng, yakni sesuai arah jarum jam atau berlawanan.
Bila merujuk pada penelitian Wunderlich dan Hereema, unyeng-unyeng sesuai arah jarum jam lebih umum ditemui pada 94 persen bayi baru lahir dan yang memiliki unyeng-unyeng berlawanan dengan arah jarum jam tak lebih dari 10 persen.

Unyeng-Unyeng dan Karakter Anak

Penyebab Unyeng-Unyeng Dua, Benarkah Karena Anak Nakal? (116414)
Unyeng-Unyeng dan Karakter Anak, Benarkah Berhubungan? Foto: Shutterstock
Kita juga perlu tahu, hingga saat ini belum ada penelitian komprehensif yang mengungkapkan kaitan jumlah unyeng-unyeng dengan perilaku anak.
ADVERTISEMENT
Sehingga bisa dikatakan, jumlah unyeng-unyeng maupun arah pertumbuhan rambut di sekitarnya tidak ada kaitannya dengan karakter, sifat anak, atau bagaimana kelak si kecil akan memiliki adik.
Anak dengan unyeng-unyeng dua juga tidak berarti punya kelainan genetis, fisik ataupun psikologis. Jadi tidak perlu khawatir ya, Moms. Terima dan syukuri saja sebagai salah satu keunikan anak tercinta.