Mom
·
2 Juni 2020 10:11

Perjuangan Shandy Aulia saat Menyusui: Tetap Semangat Meski Puting Lecet

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perjuangan Shandy Aulia saat Menyusui: Tetap Semangat Meski Puting Lecet (263072)
Shandy Aulia bersama anaknya. Foto: Instagram/@shandyaulia
Artis Shandy Aulia kini tengah menikmati peran barunya sebagai seorang ibu dari bayi bernama Claire Herbowo, yang lahir pada 12 Februari 2020. Pemeran film 'Rumah Kentang' ini selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk si kecil Claire, termasuk soal memberikan ASI untuk memenuhi nutrisi anak pertamanya itu.
ADVERTISEMENT
Dalam Live Instagram bersama Christina Brenna yang ia unggah di IG TVnya @shandyaulia, Minggu (31/5), Shandy bercerita bahwa di awal menyusui dirinya sempat merasakan kekhawatiran yang mendalam karena ASI-nya tidak langsung keluar.
Kondisi tersebut, lantas membuatnya khawatir karena takut nutrisi si kecil tidak tercukupi. Namun, setelah dibantu oleh dokter dan diberikan vitamin, akhirnya dalam waktu belasan jam usai melahirkan, ASI-nya bisa keluar dengan lancar.
"Lalu distimulasi vitamin atau apa gitu sama dokter. Dan langsung keluar banyak banget, sampai aku kesakitan," ujar Shandy Aulia.
Perjuangan Shandy Aulia saat Menyusui: Tetap Semangat Meski Puting Lecet (263073)
Shandy Aulia bersama anaknya. Foto: Instagram/@shandyaulia
Meski ASI sudah keluar dengan lancar, persoalan baru pun muncul pada proses menyusui Shandy. Ya Moms, ternyata si kecil Claire belum bisa menyusu dengan banyak, sehingga membuat payudaranya bengkak dan putingnya lecet.
ADVERTISEMENT
Apalagi, Shandy melahirkan secara caesar yang membuat tubuhnya belum stabil pasca-operasi. Proses menyusui pun jadi terasa kurang nyaman. Meski begitu, hal tersebut tidak mematahkan semangat Shandy untuk tetap bisa menyusui langsung bayinya.
"Di awal menyusui dapat salam sayang lecet-lecet. Sakitnya tuh sakit banget, udah gitu perih banget kan. Tapi kalau nggak dikasih ke anaknya makin sakit kan. Kebetulan lukanya cuman di bagian sisi salah satu. Im so happy sih, aku jadi punya bonding time juga. Tapi menurut aku itu momen yang super happy," sambung Shandy.
Lebih lanjut, Shandy bercerita bahwa setelah melahirkan, payudaranya sempat dipompa oleh pompa ASI milik rumah sakit. Hal itu dilakukan untuk mengeluarkan produksi ASI, karena bayinya belum mau banyak menyusu. Dengan begitu, payudara Shandy tidak akan bengkak lagi.
ADVERTISEMENT
Kendati punya maksud yang baik, Shandy merasa payudaranya justru lebih sakit saat dipompa oleh pompa ASI milik rumah sakit. Sehingga, ia pun semakin bertekad untuk bisa menyusui langsung dan mencari solusi agar puting payudaranya tak lecet lagi.
"Pompanya itu gede banget kayak aki mobil dan itu dipompa, itu sakitnya banget banget dan nyaman banget. Puting jadi sakit baget jadi aku pikir Tuhan udah nyuruh aku untuk menyusui langsung lebih baik," pungkasnya.
Kini diakui Shandy, proses menyusuinya sudah jauh lebih baik. Payudaranya sudah tidak bengkak dan tidak ada lagi lecet di putingnya.
Ya Moms, proses menyusui memang tidak selamanya mudah. Butuh perjuangan dalam menjalankan prosesnya, sama seperti yang dilakukan oleh Shandy Aulia. Ingat saja, bahwa proses menyusui punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan ibu dan bayi, serta bisa meningkatkan ikatan bonding antara Anda dan si kecil.
ADVERTISEMENT