Mom
·
19 April 2021 17:06

Puasa di Trimester Pertama, Ini 3 Hal yang Perlu Dicermati Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Puasa di Trimester Pertama, Ini 3 Hal yang Perlu Dicermati Ibu Hamil (77207)
Puasa di Trimester Pertama, Ini 3 Hal yang Perlu Dicermati Ibu Hamil. Foto: Shutterstock
Ingin tetap menjalankan puasa Ramadhan meski tengah hamil? Sebenarnya boleh-boleh saja. Dalam Islam pun hal ini tidak dilarang meski ibu hamil hukumnya tak wajib puasa. Selain itu, ibu hamil juga perlu bijak mengambil keputusan, terlebih jika kehamilan masih muda atau baru masuk trimester pertama.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, pada 3 bulan pertama atau trimester pertama biasanya ibu hamil masih mengalami perubahan hormon dalam tubuhnya. Mulai dari mual dan muntah (morning sickness), pusing, mudah lelah, hingga perubahan suasana hati. Beberapa kondisi itu dapat membuat ibu hamil tidak nyaman, termasuk dalam menjalankan ibadah puasa.
Karenanya Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Boy Abidin, SpOG berpesan, bila tetap ingin berpuasa di trimester pertama kehamilan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Apa saja?

1. Jaga Asupan Gizi Ibu Hamil

Puasa di Trimester Pertama, Ini 3 Hal yang Perlu Dicermati Ibu Hamil (77208)
Ilustrasi trimester pertama kehamilan ibu. Foto: Getty Images
dr. Boy mengingatkan, pertumbuhan dan perkembangan janin di setiap trimester berbeda-beda.Namun trimester pertama kehamilan adalah masa yang sangat penting dan menentukan.
"Trimester pertama ini terjadinya organogenesis atau proses terbentuknya organ janin. Jadi, pada saat trimester pertama ini harus betul-betul diperhatikan asupan gizi untuk ibu hamil. Jangan sampai kekurangan," kata dr. Boy dalam salah satu video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya bertajuk 'Ini Penjelasan dr Boy Abidin untuk BUMIL'.
ADVERTISEMENT

2. Aktivitas Ibu Hamil

Puasa di Trimester Pertama, Ini 3 Hal yang Perlu Dicermati Ibu Hamil (77209)
Ilustrasi ibu hamil lelah membersihka rumah. Foto: Shutter Stock
Dokter yang berpraktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara tersebut juga menuturkan, aktivitas ibu hamil perlu diperhatikan di trimester pertama ini. Mengapa? Karena jangan sampai kondisi ini membuat ibu hamil mudah lelah, apalagi mual dan muntah. Mual dan muntah sendiri merupakan salah satu hal yang seringkali dikeluhkan ibu hamil di trimester pertama.

3. Kondisi Khusus Ibu Hamil yang Tidak Disarankan untuk Berpuasa

Puasa di Trimester Pertama, Ini 3 Hal yang Perlu Dicermati Ibu Hamil (77210)
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
Bagaimana bila ibu hamil mengalami morning sickness atau mual muntah yang sangat hebat? Menurut dr.Boy dalam kondisi khusus seperti ini sebaiknya ibu hamil tidak berpuasa.
"Apabila Anda mengalami mual dan muntah yang sangat hebat, tidak bisa makan dan minum dengan baik, saya sarankan Anda untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Kondisi ini akan membahayakan ibu dan juga tumbuh kembang janin di dalam kandungan," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Selain mual dan muntah, ada beberapa kondisi lain yang membuat ibu hamil disarankan untuk tidak berpuasa di trimester pertama kehamilan. Misalnya saja ibu hamil merasa pusing, lemas, ingin pingsan, keringat dingin, jantung berdebar, dan sebagainya. Ya Moms, bila Anda mengalami salah satu di antara gejala tersebut, sebaiknya segera konsumsi makanan atau minuman yang manis. Hal ini untuk kembali menaikkan kadar gula dalam tubuh Anda.
"Jika ingin berpuasa, perhatikan kondisi tubuh. Jika tidak kuat, jangan dipaksa (untuk berpuasa)," tutup dr. Boy.