kumparan
search-gray
Mom2 Agustus 2020 9:56

Ragam Manfaat Buah Ceri untuk Ibu Hamil

Konten Redaksi kumparan
Ragam Manfaat Buah Ceri untuk Ibu Hamil (222432)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Sebagai ibu hamil, Anda perlu memastikan asupan yang dikonsumsi terjamin nutrisinya. Sebab semua makanan yang Anda makan juga akan diserap oleh janin untuk tumbuh kembangnya di dalam rahim. Salah satu makanan yang memiliki manfaat untuk ibu hamil adalah buah ceri.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, meski bentuknya kecil, tapi buah ini mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan ibu hamil dan bayi di dalam kandungan. Dikutip Dr. Health Benefit, ceri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, magnesium, kalium, dan juga serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Lantas, apa saja manfaatnya ya?
Ragam Manfaat Buah Ceri untuk Ibu Hamil (222433)
Ilustrasi Buah Ceri Foto: Pixabay

1. Kesehatan Otak Bayi

Ceri yang mengandung anthocyanin, sangat baik untuk melindungi sel-sel saraf dan meningkatkan kesehatan otak janin. Mengonsumsi buah ceri secukupnya, bisa meningkatkan kinerja otak bayi Anda ketika lahir, Moms.

2. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam satu butir buah ceri ternyata mampu melindungi tubuh Anda dari risiko penyakit dan menangkal efek radikal bebas bagi tubuh, Moms.
ADVERTISEMENT

3. Rendah Kalori

Ingin makan camilan yang sehat selama hamil? Konsumsilah ceri! Buah ini tidak terlalu banyak mengandung kalori sehingga aman dikonsumsi untuk dijadikan camilan sehari-hari. Ceri juga menjadi buah terbaik untuk mengatur berat badan Anda selama kehamilan.

4. Mengatasi Sembelit saat Hamil

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah konstipasi alias sembelit. Dengan mengonsumsi buah ceri yang tinggi serat, maka pencernaan Anda akan sehat dan terhindar dari sembelit. Sebab, buah berwarna merah ini mampu membantu menormalkan gerakan usus dan menjaganya agar tetap sehat.
Ragam Manfaat Buah Ceri untuk Ibu Hamil (222434)
Ilustrasi Buah Ceri Foto: Pixabay

5. Meringankan Sakit Kepala

Ceri sangat bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala atau migrain yang disebabkan oleh fluktuasi hormon estrogen selama kehamilan. Buah ini mengandung anthocyanin dan bioflavonoid yang bisa membantu menyembuhkan sakit kepala secara alami. Jadi tak perlu pakai obat lagi, Moms.
ADVERTISEMENT

6. Meredakan Pembengkakan

Sebagian besar ibu hamil mungkin mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh, serta nyeri sendi. Nah, mengonsumsi ceri secara teratur bisa mengurangi pembengkakan karena buah ini mengandung anthocyanin.

7. Mengurangi Peradangan

Ibu hamil sering menghadapi peradangan tubuh pada periode kehamilan mereka. Mengonsumsi buah ceri dipercaya bisa meredakan hal itu. Ini karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang juga bertindak sebagai antiinflamasi. Karena itu, jika Anda mengalami peradangan tubuh saat Anda hamil, maka makanlah buah ceri.
Ragam Manfaat Buah Ceri untuk Ibu Hamil (222435)
Ilustrasi Buah Ceri Foto: Pixabay

8. Meningkatkan Energi

Selama kehamilan, beberapa wanita kerap mengeluhkan perasaan mudah lelah. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang lebih kuat dan sehat selama hamil, tambahkan ceri ke dalam mangkuk yoghurt Anda, Moms.

9. Mengatur Tekanan dan Pembuluh Darah

Kandungan kalium di dalam ceri bisa membantu mengendalikan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, makan ceri secukupnya setiap hari juga bisa membantu memperkuat pembuluh darah Anda. Dengan begitu, darah bisa tersalurkan dengan baik ke janin.
ADVERTISEMENT

10. Meredakan Batuk dan Pilek saat Hamil

Cobalah atasi keluhan batuk pilek tanpa konsumsi obat. Ya, Anda bisa mencari alternatif penyembuhan lain, misalnya saja dengan makan buah ceri.
Ceri memiliki kemampuan sebagai ekspektoran yang mampu meredakan batuk, pilek dan asma. Meski begitu, konsumsilah ceri secukupnya saja, sebab terlalu banyak makan ceri bisa menimbulkan gas yang memicu perut kembung, Moms.
****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white