Mom15 September 2020 14:04

Rambut Ibu Menyusui Rontok seperti Acha Sinaga? Ini Penyebabnya, Moms

Konten Redaksi kumparan
Rambut Ibu Menyusui Rontok seperti Acha Sinaga? Ini Penyebabnya, Moms (305438)
Acha Sinaga dan anaknya, Lucas. Foto: Instagram/@achasinaga
Setelah melahirkan, banyak ibu menyusui berharap berbagai hal yang berubah di tubuhnya akan kembali seperti sebelum hamil. Namun nyatanya tidak semudah itu, Moms. Bahkan saat menyusui si kecil, tak sedikit ibu menyusui yang mengalami rambut rontok misalnya.
ADVERTISEMENT
Selebriti Tanah Air sekaligus ibu satu anak, Acha Sinaga mengalami hal tersebut. Dalam salah satu unggahan di Instagram Story pribadinya, Acha bercerita bahwa usai keramas dan mengeringkan rambutnya, tiba-tiba rambutnya rontok. Belum lagi, ketika bersama sang anak, Lucas Asaf Ambarita, si kecil kerap kali menarik-narik rambut ibunya itu.
Rambut Ibu Menyusui Rontok seperti Acha Sinaga? Ini Penyebabnya, Moms (305439)
Acha Sinaga dan anaknya, Lucas. Foto: Instagram/@achasinaga
"Baru keringin rambut pakai hair dryer. 3 menit saja begini rontoknya. Pantes kalau habis keramas suka mampet itu saluran air. #busuilife," tulis Acha Sinaga.
Moms, bagi beberapa ibu menyusui seperti Acha Sinaga, hal ini bisa saja sangat mengganggu, ya. Kondisi ini pun bisa saja membuat beberapa ibu menyusui jadi kurang percaya diri. Lantas sebenarnya, apa penyebab rambut ibu menyusui rontok ya?
Rambut Ibu Menyusui Rontok seperti Acha Sinaga? Ini Penyebabnya, Moms (305440)
ilustrasi rambut ibu menyusui rontok. Foto: Shutterstock

Penyebab Rambut Ibu Menyusui Rontok

Perlu Anda ketahui bahwa kondisi rambut ibu menyusui yang rontok adalah hal yang wajar terjadi karena perubahan hormon, Moms. Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) dalam laman resminya menjelaskan bahwa saat hamil, hormon estrogen seorang wanita meningkat sehingga fase hidup rambutnya jadi lebih panjang. Alhasil, rambut yang seharusnya rontok dapat bertahan lebih lama alias tidak jadi rontok. Ini yang membuat rambut ibu hamil terasa lebat.
ADVERTISEMENT
Sementara itu setelah melahirkan dam memasuki fase menyusui, hormon estrogen ini menurun dan kembali ke tingkat normal secara perlahan. Rambut yang seharusnya rontok berminggu-minggu lalu, jadi mengalami kerontokan pada masa menyusui. Sehingga, helaian rambut yang rontok ini jauh lebih banyak dibandingkan sebelum masa kehamilan.
Rambut Ibu Menyusui Rontok seperti Acha Sinaga? Ini Penyebabnya, Moms (305441)
Ilustrasi rambut rontok Foto: Shutterstock

Tips Meminimalisir Rambut Rontok pada Ibu Menyusui

Namun, jangan khawatir, Moms. Kondisi ini pada umumnya tak terjadi begitu lama dan tak akan menyebabkan kebotakan. Di samping itu, Anda bisa berusaha untuk meminimalisirkan agar kerontokan tak bertambah dengan mengikuti tips berikut ini.
1. Hindari mengikat atau mengepang rambut terlalu kencang dan sering. Lebih baik, rambut digerai atau dikuncir longgar.
2. Sisir rambut perlahan dengan sisir bergigi jarang. Urai rambut yang kusut dengan sabar.
ADVERTISEMENT
3. Konsumsi makanan yang bergizi.
4. Hindari stres.
5. Tunda diet atau membatasi makanan karena akan mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.
6. Jangan terlalu sering keramas. Cukup 2-3 kali keramas dalam seminggu untuk mencegah kerontokan jadi lebih parah.
7. Gunakan kondisioner agar rambut tetap lembut.
8. Bila merasa perlu, potonglah rambut Anda jadi lebih pendek.
9. Hindari rambut dari suhu tinggi yang bisa membuat rambut kering dan lebih rapuh. Seperti penggunaan hair dryer atau catokan rambut.
Nah Moms, itulah penyebab rambut ibu menyusui rontok dan beberapa tips mencegah atau meminimalisir kerontokan rambut saat menyusui. Semoga bermanfaat, ya!