Mom
·
13 September 2021 17:12
·
waktu baca 3 menit

Rangkuman Berita Terkait Anak selama Sepekan, Ada yang Bikin Haru dan Bangga!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rangkuman Berita Terkait Anak selama Sepekan, Ada yang Bikin Haru dan Bangga! (151960)
searchPerbesar
Ilustrasi orang tua dan anak. Foto: Shutter Stock
Apa saja berita terkait anak di Indonesia selama sepekan terakhir? Ternyata sejak tanggal 6 hingga 13 September 2021 ini, ada beberapa berita yang haru dan membanggakan, lho.
ADVERTISEMENT
Khusus untuk Anda, tim redaksi kumparanMOM merangkumnya. Apa saja?

1. Anak Laki-laki Belajar Sambil Berjualan Nasi Bungkus di Pinggir Jalan

Rangkuman Berita Terkait Anak selama Sepekan, Ada yang Bikin Haru dan Bangga! (151961)
searchPerbesar
Bocah di Kota Palu, Sulawesi Tengah, senyum semringah usai jualannya diborong saat dirinya belajar sambil jualan. (Foto: TikTok/@masfais_1987)
Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan anak laki-laki di Kota Palu, Sulawesi Tengah, tampak memanfaatkan waktunya untuk belajar sambil berjualan nasi bungkus di pinggir jalan.
Bahkan saat tidak ada pembeli, anak yang bersangkutan juga tetap belajar. Mengutip Berita_Viral, video tersebut diunggah oleh seorang laki-laki bernama Fais di akun TikTok pribadinya pada Kamis (2/9) lalu. Hati Fais pun terketuk untuk memborong nasi bungkus yang dijual anak tersebut.

2. Tangis Anak di Lapangan Bola Usai Bertemu Sang Ayah Setelah 6 Tahun Tak Jumpa

Rangkuman Berita Terkait Anak selama Sepekan, Ada yang Bikin Haru dan Bangga! (151962)
searchPerbesar
Ayah bertemu anak setelah enam tahun berpisah. (Foto: @bonggan_bisa/TikTok)
Video viral berdurasi kurang dari semenit viral di media sosial, memperlihatkan anak berusia 8 tahun menangis haru usai bertemu ayahnya. Anak dan ayah ini, sudah enam tahun tidak berjumpa karena sang ayah bekerja sebagai TKI di luar negeri.
ADVERTISEMENT
Dalam video tersebut, mulanya terlihat masuk pria berbaju merah berjalan hingga berlari menuju lapangan bola, tempat anak-anak sedang asyik bermain sepak bola. Pria tersebut ikut bermain sejenak, sampai akhirnya seorang anak laki-laki berkaus biru yang menjadi kiper menghampiri pria tersebut lalu menangis. Ya, tangisan anak tersebut seolah menunjukkan rasa rindunya karena sudah lama tidak berjumpa dengan ayahnya.

3. Ayah Berusia 23 Tahun Merawat Anak Sendiri

Rangkuman Berita Terkait Anak selama Sepekan, Ada yang Bikin Haru dan Bangga! (151963)
searchPerbesar
Ilustrasi anak balita dengan ayah. Foto: Shutter Stock
Seorang pria bernama Firdaus harus mengurus anaknya yang masih balita seorang diri.
Dalam video yang viral di media sosial tersebut, Firdaus seolah ingin mengungkapkan bahwa peran menjadi orang tua tunggal itu tidak mudah. Sebab, ia harus mengurus anak sekaligus mencari nafkah. Meski begitu, ia merasa punya semangat yang datang dari tanggung jawab besar sebagai seorang ayah.
ADVERTISEMENT

4. Balita Usia 3 Tahun Hobi Makan Pecahan Tembok dan Tanah Diduga Karena Jarang Dikasih Jajan Orang Tua

Rangkuman Berita Terkait Anak selama Sepekan, Ada yang Bikin Haru dan Bangga! (151964)
searchPerbesar
Ilustrasi anak. Foto: Shutterstock
Balita berusia 3 tahun berinisial VF di Kota Tegal punya kebiasaan aneh yang tak layak untuk ditiru. Dilansir Pantura Post, sejak ia berusia 2 tahun, anak tersebut punya hobi makan tanah dan pecahan tembok. Hal ini diduga karena orang tuanya hampir tidak pernah membelikan jajan karena faktor ekonomi.
Saat dilarang dan ditegur, anak tersebut malah menangis. Namun, saat tidak dalam pengawasan, si kecil pun kerap mengulanginya lagi. Padahal, VF kerap mengeluh sakit perut setelah memakan tanah.

5. Anak Usia 11 Tahun Olah Limbah Kayu Jadi 1.600 Boneka Ramah Lingkungan

Rangkuman Berita Terkait Anak selama Sepekan, Ada yang Bikin Haru dan Bangga! (151965)
searchPerbesar
Boneka horta buatan Dini. Foto: Amanah Nur Asiah/Basra
Pandemi tak menyurutkan semangat anak bernama Dini Calista Ivana untuk terus berkarya. Ya, anak perempuan berusia 11 tahun ini mencoba mengisi waktu luangnya untuk membuat boneka horta (Hortikultura).
ADVERTISEMENT
Mengutip Berita Anak Surabaya (BASRA), sejak Januari 2021, anak tersebut telah berhasil memproduksi sekitar 1.607 boneka horta dan 164 potty (pot dari limbah kayu) dengan beragam bentuk hewan yang lucu. Jika boneka horta dan potty buatannya itu laku terjual 200 potong lebih, ia berniat untuk menjualnya secara online dan offline di toko mainan dengan harga Rp 10 Ribu. Bikin bangga!