Untitled Image
25 Juli 2021 19:06
·
waktu baca 7 menit

Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua

Festival Hari Anak 2021 kumparanMOM sukses digelar selama dua hari berturut-turut, yakni Sabtu-Minggu, 24-25 Juli 2021. Dalam dua hari ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada 100 ribu lebih penonton yang sudah menyaksikan beragam keseruan acara yang kami sajikan.
ADVERTISEMENT
Tahun ini, dengan semangat #SehatGembiraBersama, kumparanMOM bekerja sama dengan MilkLife, Tabungan BRI Junio, Milna, Autan, Biore, MS Glow Kids, JIS, Fiesta, Baygon, dan Cussons untuk membuat program-program menarik di Festival Hari Anak, seperti Playdate, Mom’s Talk, Fun Storytelling, dan Ask The Minister.
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136202)
searchPerbesar
Terima kasih 100.185 penonton Festival Hari Anak. Dok: kumparan
Acara yang dihelat selama dua hari ini bisa disaksikan di channel YouTube kumparan, mulai pukul 10.00 WIB -13.30 WIB. Selain acara-acara yang menarik dan mengedukasi, ada banyak giveaway juga dengan total hadiah jutaan rupiah untuk para penonton yang menyaksikan.
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136203)
searchPerbesar
Festival Hari Anak 2021 kumparanMOM. Foto: kumparan
Nah, bagi Anda yang ketinggalan rangkaian kemeriahan Festival Hari Anak di Hari Pertama dan Hari Kedua, tenang saja. Berikut kami sudah merangkumnya untuk Anda. Yuk, disimak!

Festival Hari Anak 2021 Day 1

ADVERTISEMENT
Di hari pertama Festival Hari Anak, Sabtu (24/7) dibuka dengan opening remarks dari Chief of kumparanMOM, Prameshwari Sugiri. Dalam sambutannya, Imesh--sapaan akrabnya, mengajak semua pihak untuk mengubah refleksi selama pandemi jadi bekal dan inspirasi pengasuhan anak.
"Kami ingin mengajak semua pihak, mari kita ubah refleksi selama pandemi, jadi bekal, pelajaran, dan inspirasi untuk terus berupaya sebaik mungkin dari hari ke hari demi kepentingan anak-anak kita," ujar Imesh.
Ask The Minister
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136204)
searchPerbesar
Ask The Minister bersama Menteri PPPA Bintang Puspayoga. Foto: Youtube kumparan
Kemudian, acara dilanjutkan dengan program Ask The Minister. Di sesi tersebut, hadir secara virtual Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga. Serunya lagi, program ini akan dipandu oleh host cilik, yaitu Youtuber Anak Ziyan.
Pada kesempatan itu, Ziyan banyak bertanya kepada Bintang. Salah satunya tentang permainan kesukaan Menteri Bintang sewaktu kecil.
ADVERTISEMENT
Menteri Bintang mengatakan, permainan favoritnya sewaktu kecil adalah permainan ular naga. Namun di tempat asalnya, permainan ini bernama Meong Bikul. Dalam bahasa Bali, meong artinya kucing, dan bikul artinya tikus.
“Kalau kami di Bali itu kan setiap RT tuh ada Banjar, setiap sore tuh kita bisa kumpul dengan semua anak-anak. Artinya apa? Kalau melalui permainan ular naga ini, siapa pun teman yang hadir, tidak ada yang tertinggal, kita bisa ajak main bersama-sama,” ujar Menteri Bintang.
Playdate!
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136205)
searchPerbesar
Playdate di hari pertama Festival Hari Anak. Foto: Youtube kumparan
Lalu, ada sesi Playdate! bersama MilkLife dengan tema "Mengenal Hewan di Peternakan: Sapi Pemakan Rumput". Di sesi tersebut, hadir Momfluencer Jessica Yamada dan anaknya Arwen, Founder Komunitas Rumah Main STrEAM Yuni Widiastuti, dan Marketing Manager MilkLife Virna Widiastuty.
ADVERTISEMENT
Yuni menjelaskan tentang pembelajaran STEAM yang dapat diterapkan saat bermain bersama anak. Ia menjelaskan STEAM merupakan singkatan dari Sains (Science), Teknologi (Technology), Teknik (Engineering), Seni (Art), dan Matematika (Mathematic). Menurutnya, di Indonesia ada banyak sekali jenis permainan tradisional yang mengandung pendidikan STEAM ini.
Pembelajaran STEAM ini, masih kata Yuni, rupanya sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Mulai dari melatih motorik halus dan juga melatih keterampilan lain untuk anak.
"Kita (orang tua) tugasnya adalah memfasilitasi dan mengajak anak untuk mengamati segala sesuatu yang ada di hadapannya. Bukan kita yang mengerjakan, tapi lebih banyak anak. Sebisa mungkin sesuai dengan usia anak masing-masing," tutur Yuni.
Fun Storytelling
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136206)
searchPerbesar
Fun Storytelling di Hari Pertama bersama Pendongeng Rona Mentari. Foto: Youtube kumparan
Setelah itu, ada sesi Fun Storytelling masih bersama MilkLife yang pastinya seru untuk si kecil di rumah. Di sesi tersebut, anak-anak bisa mendengarkan dongeng ‘Cerita Sapi dan Hujan’ dari pendongeng, Rona Mentari.
ADVERTISEMENT
Mom's Talk
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136207)
searchPerbesar
Mom's Talk bersama Milna. Foto: Youtube kumparan
Di sesi Mom's Talk, ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan soal pengasuhan anak. Di hari pertama ini bersama Milna, Mom’s Talk akan membahas tema ‘Langkah Cermat Agar si Kecil Tumbuh Sehat’.
Dihadiri pula oleh bintang tamu yang interaktif, ada Artis dan Momfluencer Tasya Kamila, Founder Komunitas MPASI Bayi Sehat Dinda Dara Saskia dan Brand Manager Milna, Clarissa Gunawan.
Ya Moms, di sesi itu, Tasya bercerita banyak soal pemberian MPASI untuk anaknya, Arrasya. Tasya mengaku, ia sangat memperhatikan nutrisi sang anak, Arrasya. Selain itu, ia juga memastikan bahwa makanan yang diberikan untuk Arrasya enak dan teksturnya sesuai.
"Pemilihan menu MPASI yang nggak cuma nutrisinya lengkap, tapi juga rasanya enak, supaya Arrasya-nya doyan, terus perjuangan feeding rules, naik tekstur. Dan tentunya main concern aku sih lebih ke pemilihan nutrisinya, jadi make sure bahwa apa yang aku berikan ke Arrasya itu memang memenuhi kebutuhan nutrisinya," jelas Tasya.
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136208)
searchPerbesar
Mom's Talk bersama MS Glow Kids. Foto: Youtube kumparan
Setelah itu, masih ada Mom's Talk lagi bersama MS Glow dengan tema 'Cara Asik Membangun Kebiasaan Baik'. Ada Momfluencer Jovanska Devina, Psikolog dan Co-Founder Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima dan Founder MS Glow Maharani Kemala.
ADVERTISEMENT
Dalam sesi tersebut, Saskhya menjelaskan bahwa dengan membangun kebiasaan baik, anak tentunya akan jadi lebih mandiri, dan juga mampu untuk menjaga dirinya sendiri. Meski awalnya akan sangat sulit menerapkan kebiasaan baik pada anak, namun jika sudah menjadi rutinitas, anak pun lama-lama bisa menikmatinya. Contohnya seperti memakai masker saat keluar rumah atau memakai skincare setelah mandi.
Sebagai penutup acara, ada persembahan lagu dari Dear Juliets di sesi musik anak.

Festival Hari Anak 2021 Day 2

Ask The Minister
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136209)
searchPerbesar
Ask The Minister bersama Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Nala Kania. Foto: Youtube kumparan
Acara Festival Hari Anak 2021 di hari kedua ini dimulai dengan program Ask The Minister bertema 'Merdeka Belajar' yang dipandu oleh Artis Cilik, Nala Kania. Di sesi ini, Nala bertanya banyak hal kepada narasumber Mendikbudristek Nadiem Makarim. Mulai dari hal-hal apa saja yang dikerjakan oleh seorang menteri, pelajaran apa yang tidak disukainya semasa sekolah, hingga definisi anak yang pintar menurut Mendikbudristek ini.
ADVERTISEMENT
Menurut Nadiem, definisi anak pintar adalah anak yang cerewet dan anak yang selalu bertanya. Anak-anak yang selalu penasaran dengan segala hal, dan tidak pernah malu-malu bertanya kepada siapa pun.
"Dia mau nanya sama guru, sama orang tua, sama temannya dia. Anak yang pintar itu rasa ingin tahunya luar biasa, jadi dia akan selalu mencoba mencari informasi yang dia butuhkan," jelas Nadiem.
Playdate
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136210)
searchPerbesar
Playdate bersama Tabungan BRI Junio. Foto: Youtube kumparan
Kemudian, ada sesi Playdate bersama Tabungan BRI Junio dengan tema 'Finger Painting'. Ada beberapa bintang tamu yang hadir dan ikut bermain bersama. Ada Momfluencer Aurelia Carisa, Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Irma Gustiana, serta Senior Manager Mass Funding BRI Junio Alitya Azizah.
Di sesi tersebut, Irma menjelaskan manfaat bermain bersama anak dan bagaimana bermain bisa menjadi proses belajar bertahap yang tidak hanya menyenangkan tapi juga sangat penting untuk anak.
ADVERTISEMENT
"Belajar pada anak semua melalui proses. Salah satunya dengan kegiatan bermain. Bermain di sini juga disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak, sehingga memang prosesnya lebih baik dengan aktivitas main-main," ujarnya.
Fun Storytelling
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136211)
searchPerbesar
Fun Storytelling bersama Tabungan BRI Junio dan Pendongeng Awan Prakoso. Foto: Youtube kumparan
Selanjutnya, ada sesi Fun Storytelling masih bersama Tabungan BRI Junio yang pastinya seru untuk si kecil di rumah, Moms. Ya, anak bisa mendengarkan dongeng berjudul 'Pisang Momo dan Mimi' dari pendongeng Awan Prakoso.
Mom's Talk
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136212)
searchPerbesar
Mom's Talk bersama Autan. Foto: Youtube kumparan
Lalu, di Mom's Talk sesi pertama bersama Autan, ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan seputar pentingnya mendongeng untuk anak. Dengan tema 'Mendongeng: Jurus Bonding Anti Ribet', hadir Founder Komunitas Kumpul Dongeng Surabaya, Inge Ariani Safitri, yang menjelaskan tentang manfaat mendongeng untuk anak dan cara mendongeng yang baik agar bisa mendukung tumbuh kembang si kecil.
ADVERTISEMENT
Selain itu, hadir pula Mompreneur Tanya Larasati yang menceritakan pengalamannya menjalin bonding bersama ketiga anaknya.
Inge mengatakan bahwa kunci bonding itu komunikasi. Mendongeng juga salah satu komunikasi yang bisa dilakukan bersama anak.
"Pasti jika kita mendongeng itu adalah suatu komunikasi yang menyenangkan, suasananya menyenangkan. Terus anak-anak kita juga menciptakan pengalaman yang sama-sama menyenangkan," paparnya.
Rangkuman Keseruan Festival Hari Anak 2021 di Hari Pertama dan Kedua (136213)
searchPerbesar
Mom's Talk bersama Biore GUARD. Foto: Youtube kumparan
Selanjutnya masih ada sesi Mom's Talk bersama Biore GUARD dengan tema 'Kiat Anak Sehat dan Suka Belajar di Mana Saja'. Tentunya, dihadiri pula oleh narasumber Direktur Keluarga Kita, Yulia Indriati, yang berbagi pengetahuan soal bagaimana mengasuh anak dengan disiplin positif. Ada juga MC dan podcaster, Ankatama yang menceritakan pengalamannya sebagai ibu dalam menjaga kesehatan anak selama masa pandemi.
ADVERTISEMENT
Yulia menuturkan, di masa pandemi memang susah untuk mengakomodir kebutuhan anak. Apalagi, setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Setiap keluarga, setiap rumah, juga memiliki gaya eksplorasinya sendiri-sendiri.
"Kuncinya sih sebenarnya di pandemi ini yang paling berubah tuh kan rutinitas ya. Nah itu sih sebetulnya yang mungkin bisa dikelola dulu, atau dipastikan dulu, apakah sudah berjalan dengan baik? Nah, kalau berkait dengan belajar, dan kaitannya sama rutinitas, yaitu mulai dari penjadwalan yang disepakati bersama-sama," ujarnya.
Musik Anak
Di akhir acara Festival Hari Anak 2021, ada persembahan dua lagu dari Dear Juliets. Mereka menyanyikan lagu 'Ampar-ampar Pisang' dan 'Cik Cik Periok'.
Nah Moms, itu tadi rangkuman keseruan acara Festival Hari Anak 2021 kumparanMOM. Terima kasih telah menyaksikan dan sampai jumpa di Festival Hari Anak tahun depan.
ADVERTISEMENT
Sekali lagi, selamat Hari Anak Nasional untuk seluruh anak Indonesia. Semoga bisa tumbuh dengan #SehatGembiraBersama.