kumparan
6 Jan 2019 16:19 WIB

Resep Serabi Teflon Aneka Rasa untuk Bekal Sekolah Anak

Serabi solo. (Foto: Instagram @pesonaSolo)
Tak terasa, libur sekolah anak telah usai. Besok, si kecil akan kembali menjalani rutinitas di sekolah.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa untuk menyiapkan menu bekal sekolahnya, Moms. Jika Anda belum punya ide untuk bekal sekolah anak, membuat serabi aneka rasa bisa jadi pilihan.
Mungkin saja si kecil belum terlalu familiar dengan makanan ini. Maklum, serabi merupakan makanan khas Sunda yang juga terkenal di kota Solo. Sehingga, anak Anda mungkin tidak terlalu sering menjumpai makanan ini dekat rumah.
Membuat serabi sendiri tak sulit kok, Moms. Anda bahkan bisa membuatnya dengan teflon. Agar si kecil semakin suka, Anda dapat menambahkan topping sesuai kesukaan anak. Misalnya saja, meses, keju, atau bubuk oreo. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat serabi untuk bekal sekolah anak.
Serabi solo khas Dapur Solo Ny Swan (Foto: dok Nurvita Indarini/ Kumparan)
Bahan-bahan:
3 sdm gula pasir
1 sdt garam halus
ADVERTISEMENT
250 ml santan
200 ml air
1 sdt vanili bubuk
1/2 sdt ragi instan
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
100 gr tepung beras
2 sdm tepung terigu
Daun pandan
Topping sesuai selera (cokelat tabur, buah, gula merah cair)
Serabi. (Foto: kumparan/Toshiko)
Cara membuat:
1. Panaskan santan dan daun pandan sambil terus diaduk. Pastikan jangan sampai mendidih dan menggumpal sambil terus diaduk.
2. Kemudian ayak dan campur tepung beras, terigu, gula, garam, dan vanili.
3. Tuang santan sambil diaduk hingga rata. Gunakan whisk untuk memastikan tidak ada gumpalan. Tambahkan air dingin dan aduk hingga gumpalannya mencair.
4. Tambahkan baking powder, baking soda, dan ragi. Aduk sampai larut dan rata. Jika terdapat gumpalan, saring terlebih dahulu. Diamkan selama 30 menit hingga adonan muncul gelembung.
ADVERTISEMENT
5. Panaskan teflon berdiameter 12 cm. Tuangkan adonan kemudian tutup. Gunakan api kecil-sedang dan tunggu hingga setengah matang.
6. Tambahkan topping sesuai selera; bisa meses, keju, kurma, atau pisang. Lanjutkan hingga adonan matang sempurna dengan bagian pinggir mengering.
Nah Moms, selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan