kumparan
8 Jun 2019 18:15 WIB

Riset: Anak Bungsu Terbukti Paling Lucu di Antara Saudaranya

Anak sulung dan bungsu sedang bermain bersama. Foto: Shutterstock
Anak bungsu seringnya dianggap paling manja di antara saudara-saudaranya, paling nempel dengan ibunya, dan paling sering diajak bepergian. Tak hanya orang tua yang merawat anak bungsu, melainkan kakak-kakaknya juga.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan anak bungsu Anda Moms, benarkah dia paling manja?
Jawabnya, bisa iya atau tidak tergantung cara Anda dan lingkungan si kecil membesarkan ia. Nah, menurut riset yang dilakukan badan survei YouGov, anak bungsu adalah yang terlucu di antara saudara-saudaranya, Moms!
Ilustrasi anak bungsu. Foto: Shutterstock
Survei pada 2015 itu melibatkan 1800 orang dewasa di Inggris untuk mengaitkan kepribadian dan urutan lahir. Sebanyak 46 persen anak bungsu mengklaim diri mereka adalah yang paling lucu di keluarga masing-masing. Sementara itu, hanya 36 persen anak sulung yang menganggap diri sendiri lucu.
Survei itu juga menyimpulkan anak bungsu cenderung lebih santai, rileks dan paling disukai oleh orang tuanya. Mungkin karena sifat-sifat ini pula si kecil dianggap paling manja, Moms.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan anak sulung?
Anak sulung cenderung lebih cerdas Foto: Ben White/Unsplash
Meski tidak banyak yang menganggap diri mereka lucu, survei itu menyimpulkan anak sulung cenderung lebih sukses, rapi, percaya diri, merasa bertanggung jawab, dan memprioritaskan keluarga. Lebih sedikit anak bungsu yang merasa punya sifat-sifat tersebut.
Sebanyak 54 persen anak sulung merasa lebih bertanggung jawab dibandingkan saudara-saudaranya. Sedangkan anak bungsu hanya 31 persen yang merasa bertanggung jawab.
Sayangnya, anak tengah tidak dilibatkan dalam survei ini. Tentunya anak tengah juga punya karakteristik unik yang membedakannya dengan saudara-saudaranya.
Jadi Moms, baik anak sulung, tengah, dan bungsu punya kepribadian berbeda meski dibesarkan oleh orang tua yang sama, di rumah yang sama, dan pola pengasuhan yang sama. Ini karena urutan lahir juga cukup bisa mempengaruhi pola pikir mereka.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan anak-anak Anda Moms, benarkah kepribadiannya sesuai dengan hasil survei di atas?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan