Mom
·
3 September 2019 18:38

Riset: Melahirkan Caesar Buat Bayi Rentan Alami Obesitas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Riset: Melahirkan Caesar Buat Bayi Rentan Alami Obesitas (226834)
Melahirkan caesar buat bayi rentan alami obesitas Foto: Pixabay
Banyak ibu hamil yang merasa takut melahirkan normal dan memilih melahirkan caesar saja. Padahal seharusnya, persalinan caesar dipilih hanya bila ada indikasi medis saja, Moms. Misalnya bila ada kondisi tertentu pada ibu dan atau bayi yang mengharuskan persalinan dilakukan dengan cara operasi ini.
ADVERTISEMENT
Karena walaupun persalinan dengan operasi caesar dilakukan demi keselamatan ibu dan si kecil, tetapi ternyata metode ini memiliki dampak terhadap kesehatan anak.
Mengutip Telegraph, sebuah penelitian menemukan bahwa bayi yang lahir dari persalinan caesar jauh lebih mungkin membuat mengalami obesitas ketika mereka mencapai usia lima tahun dibandingkan bayi yang lahir melalui persalinan normal.
Riset: Melahirkan Caesar Buat Bayi Rentan Alami Obesitas (226835)
Ilustrasi Operasi Caesar Foto: Pixabay
Ya Moms, para peneliti dari University of Edinburgh, Inggris, meninjau data dari 80 studi dan pengamatan 29 juta kelahiran di Inggris. Mereka menemukan bahwa risiko obesitas pada anak meningkat sebesar 59 persen jika mereka dilahirkan melalui bedah caesar. Mengapa bisa begitu?
Para peneliti menjelaskan, bayi yang dilahirkan normal, akan terpapar bakteri alami dari tubuh ibu, termasuk bakteri pencernaan yang membuat sistem cerna bayi menjadi baik. Hal sebaliknya, terjadi bila ibu melahirkan caesar karena bayi tidak mendapatkan bakteri baik tersebur.
Riset: Melahirkan Caesar Buat Bayi Rentan Alami Obesitas (226836)
Melahirkan caesar dapat jadi pilihan bila ada indikasi medis tertentu Foto: Shutterstock
Karena itu, para ahli menyarankan agar para ibu untuk tidak memilih melahirkan caesar jika bukan karena kondisi medis yang dipastikan oleh dokter. Hal ini juga untuk mengurangi risiko serius pada kehamilan selanjutnya. Sebab penelitian juga menunjukkan bahwa ibu yang sudah melahirkan dengan operasi caesar pada kelahiran pertama lebih mungkin menderita komplikasi pada kehamilan selanjutnya.
ADVERTISEMENT
"Risiko kehamilan di masa depan berpotensi serius, termasuk peningkatan keguguran dan kelahiran mati. Ibu bisa mendapat risiko kecil untuk dirinya sendiri dan untuk calon bayi di masa depan dengan cara menghindari operasi caesar yang tidak perlu," kata Profesor Andrew Shennan, Profesor Obstetri di King's College London, Inggris.
Namun bila memang harus melahirkan caesar karena kondisi medis, tidak usah khawatir. Dokter tentu akan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan Anda maupun si kecil.