Mom
·
12 September 2021 18:54
·
waktu baca 2 menit

Rutin Makan Tomat Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma, Mitos atau Fakta?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rutin Makan Tomat Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma, Mitos atau Fakta? (544719)
searchPerbesar
Rutin Makan Tomat Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma, Mitos atau Fakta? Foto: Shutter Stock
Tak hanya wanita, kesuburan pria juga menjadi salah satu faktor pendukung untuk memeroleh keturunan. Ya Moms, kualitas sperma suami yang baik bisa memberi peluang Anda cepat hamil. Sebaliknya, kualitas sperma yang buruk juga dapat menyebabkan ketidaksuburan atau infertilitas.
ADVERTISEMENT
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan serta kualitas sperma pria adalah dengan menerapkan gaya hidup lewat konsumsi makanan bernutrisi. Bahkan, beberapa orang percaya mengonsumsi tomat bisa tingkatkan kualitas sperma pria. Tapi, benar enggak, ya?

Penjelasan soal Benar Tidaknya Rutin Makan Tomat Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma Suami

Rutin Makan Tomat Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma, Mitos atau Fakta? (544720)
searchPerbesar
Rutin Makan Tomat Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma, Mitos atau Fakta? Foto: Shutter Stock
Austin Infertility melansir, sayuran berwarna merah ini memang mengandung antioksidan yang disebut likopen dan terbukti memiliki efek positif pada kesuburan pria. Likopen merupakan zat yang kuat dan sebuah studi menunjukkan bahwa likopen bisa membuat sperma lebih aktif. Tak hanya itu, likopen secara signifikan juga dapat meningkatkan motilitas sperma dan struktur sperma.
Studi lain yang dilakukan di Klinik Cleveland, Ohio, Amerika Serikat juga mengungkapakan temuannya bahwa tomat bisa meningkatkan jumlah sperma, begitu pula dengan kecepatan berenangnya.
ADVERTISEMENT
"Likopen sebagai antioksidan yang dikenal dapat mencegah radikal bebas merusak sperma yang sedang berkembang. Fakta menunjukkan, pria yang mengonsumsi banyak antioksidan dapat meningkatkan peluang mereka (pria) untuk menjadi ayah," ujar Dokter Kandungan sekaligus Ahli Infertilitas, Dr. Parviz Kavoussi.
Anda bisa mencampurkan tomat dalam sup atau dimakan langsung begitu saja, dan bisa juga diolah menjadi jus yang segar!
Kendati demikian, tetap faktor utama untuk mendukung kesuburan atau kualitas sperma adalah mengonsumsi makanan sehat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gaya hidup sehat bisa meningkatkan kemungkinan pembuahan.
Anda juga sebaiknya memeriksakan diri dan suami untuk menanyakan masalah kesuburan, sehingga bisa mendapatkan solusi terbaik, Moms!