kumparan
23 Jul 2018 9:19 WIB

Sayur Buncis Masuk dalam Daftar Makanan Tersehat di Dunia

Manfaat Buncis untuk Anak (Foto: Pixabay)
Buncis masuk ke dalam daftar 38 makanan tersehat di dunia versi The World's Healthiest Food (WHF), organisasi nirlaba yang menyediakan informasi ilmiah terkait makanan sehat. WHF didirikan oleh George Mateljan. George adalah seorang praktisi yang selama lebih dari 30 tahun berdedikasi mempelajari semua rasa dan manfaat kesehatan makanan. George saat ini juga merupakan anggota dewan The True Health Initiative, sebuah koalisi yang beranggotakan lebih dari 250 ahli kesehatan termasuk dokter, ilmuwan, ahli gizi dan penulis dari hampir 30 negara.
ADVERTISEMENT
Masuknya buncis dalam daftar makanan tersehat ini memang bukan tanpa alasan. Sebab, secara ilmiah buncis yang masuk ke dalam kelompok kacang-kacangan dan legume mampu memberi manusia jumlah serat, folat, dan sejumlah mineral yang terkonsentrasi yang dapat membantu menurunkan berbagai risiko penyakit kronis.
Buncis memiliki karakteristik seperti buah. (Foto: Pixabay)
Apa saja? Di antaranya termasuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, dan sindrom metabolik.
Laman WHF juga menyebutkan bagaimana buncis dapat dianggap sebagai makanan kombinasi yang memberi Anda gabungan dari manfaat biasanya ditawarkan oleh kacang-kacangan maupun sayur-sayuran. Bila Anda mengonsumsi buncis, Anda tidak hanya mendapat beberapa manfaat nutrisi utama yang dimiliki kacang-kacangan lain seperti protein nabati, tembaga, magnesium, dan zat besi tetapi juga nutrisi khas sayuran seperti serat, vitamin C, dan K.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, buncis juga mengandung sejumlah fitornutrien serta klorofil yang baik untuk tubuh. Fitonutrien dalam buncis sangat berguna sebagai antioksidan dan agen anti-inflamasi di dalam metabolisme tubuh kita. Sementara untuk kontribusi klorofil, meski tidak setinggi sayur bayam misalnya, klorofil buncis masih tergolong tinggi dibandingkan dengan banyak makanan lain.
Buncis yang dikukus dengan bawang putih (Foto: Pixabay)
Jadi, jangan lupa masukkan buncis dalam menu makanan untuk si kecil dan seluruh keluarga, ya! WHF merekomendasikan Anda memasak buncis dengan cara mengukusnya. Cara ini adalah cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi yang ada di dalam buncis maupun menjaga kualitas rasanya.
Ingin mengolah buncis jadi Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk bayi Anda? Bagus sekali, Moms! Anda dapat mencari ide mengolah buncis menjadi berbagai menu MPASI sehat untuk bayi di sini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan