kumparan
25 Agustus 2018 9:49

Sering Diare Merupakan Tanda Hamil, Benarkah?

Ilsutrasi, Diare, hamil
Ilustrasi diare sebagai tanda hamil (Foto: Shutter Stock)
Sebagian orang percaya bahwa perubahan kepadatan feses seperti saat diare merupakan tanda hamil. Ya, pasalnya banyak wanita yang mengalami diare di awal kehamilannya. Lalu benarkah diare merupakan salah satu tanda hamil?
ADVERTISEMENT
Kehamilan memang bisa mengganggu sistem pencernaan Anda. Mulai dari rasa mual, konstipasi, hingga diare. Ya, diare merupakan gejala normal yang terjadi pada awal masa kehamilan. Pernyataan itu juga didukung American College of Obstetricians and Gynecology.
Pada masa awal kehamilan, terjadi perubahan aktivitas hormon yang drastis pada tubuh ibu. Hal ini menyebabkan ibu cenderung sensitif terhadap makanan, virus, dan bakteri sehingga mudah terkena diare.
Namun diare lebih sering muncul pada trimester ketiga. Meningkatnya hormon prostaglandin menyebabkan rahim berkontraksi sehingga menstimulus usus ibu melakukan hal yang sama. Akibatnya ibu cenderung sering terkena diare menjelang persalinan.
Diare juga kerap menyerang perempuan saat menstruasi. Lagi-lagi, hal ini disebabkan oleh aktivitas hormon prostaglandin. Hormon tersebut juga meningkat saat ibu menstruasi. Selain bisa menimbulkan diare, hormon ini pula yang bertanggung jawab mengapa Anda merasakan kram haid.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, diare pada awal kehamilan kerap disalah artikan sebagai pertanda akan menstruasi. Apalagi bagi ibu dengan sistem pencernaan yang sensitif. Gejala ini barang kali dianggap sebagai diare biasa. Namun, tak semua wanita mengalami diare pada masa awal kehamilannya, Moms.
Ilsutrasi, Diare, hamil
Ilustrasi diare sebagai tanda hamil (Foto: Shutter Stock)
Karena kerancuan ini, Mary Rosser, dokter kandungan dari Columbia University Irving Medical Center, California menyatakan diare bukanlah tanda hamil yang akurat.
“Diare bukanlah tanda hamil yang tepat dan bisa diandalkan. Namun bukan tidak mungkin Anda terkena diare pada awal kehamilan,” tutur Rosser, dilansir Self.
Diare memang membuat Anda merasa tak nyaman. Belum lagi dibarengi gejala awal kehamilan lainnya, seperti morning sickness, mual, dan sering muntah. Untungnya, diare pada trimester pertama biasanya berlangsung singkat.
ADVERTISEMENT
Baik itu tanda hamil atau tidak, terkena diare berarti sistem pencernaan Anda terganggu. Anda sebaiknya menemui dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan