Mom17 September 2020 10:18

Sering Minum Air Putih, Bisakah Cegah Penularan Virus Corona?

Konten Redaksi kumparan
Sering Minum Air Putih, Bisakah Cegah Penularan Virus Corona? (175846)
Ilustrasi keluarga menggunakan masker. Foto: Shutter Stock
Virus corona masih mengancam kita. Maka wajar kalau kita berusaha dengan berbagai cara untuk menjaga kesehatan dan mencegah penularan virus corona. Meski begitu, jangan sampai salah atau percaya hal yang tidak-tidak lho, Moms. Sebab banyak juga anjuran yang ternyata tidak benar.
ADVERTISEMENT
Pada awal ditemukannya kasus virus corona di Indonesia misalnya. Jagat maya sempat dihebohkan dengan cuitan dr. Gia Pratama yang mengatakan bahwa dengan minum air atau air putih setiap 15 menit sekali dapat menangkal virus corona. Alasannya? Pintu masuk virus corona itu adalah tenggorokan, sehingga menurutnya dengan minum air putih, virus yang menempel di dinding sel dapat terdorong dengan air putih kemudian masuk ke lambung dan mati oleh asam lambung.
Namun tak berselang lama, rupanya dokter yang praktik di RS Prikasih ini mengonfirmasi bahwa cuitannya itu mengandung informasi yang salah. Ia pun menuliskan permohonan maaf kepada netizen agar hal ini tak semakin larut.
Sering Minum Air Putih, Bisakah Cegah Penularan Virus Corona? (175847)
Ilustrasi minum air putih. Foto: Melly Meiliani/kumparan

Air Putih Tidak Mencegah Infeksi Corona

Memang tidak ada penelitian yang membuktikan kalau sering atau banyak minum air atau putih bisa mencegah infeksi corona, meski begitu minum air memang cukup penting untuk tubuh. Hal ini dijelaskan juga oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).
ADVERTISEMENT
Ya Moms, WHO mengeaskan tidak ada bukti bahwa minum air putih bisa membunuh virus corona, tapi minum air putih sangat baik untuk kesehatan dan mencegah dehidrasi. Itulah mengapa setiap orang disarankan untuk minum air yang cukup setiap harinya.
Mengutip Medical News Today, tubuh terdiri dari sekitar 60 persen cairan. Jadi, tak heran jika setiap sistem dalam tubuh memerlukan air untuk menjalankan fungsinya. Dengan kata lain, air putih dapat memberikan oksigen ke seluruh tubuh.
Sering Minum Air Putih, Bisakah Cegah Penularan Virus Corona? (175848)
Ilustrasi keluarga minum air putih. Foto: Shutter Stock

Berbagai Manfaat Minum Air untuk Kesehatan

Tak hanya sampai di situ, masih ada banyak manfaat cukup minum air setiap hari. Antara lain:
-Melancarkan sistem pencernaan
-Membantu menjaga tekanan darah
-Mencegah kerusakan ginjal
-Membantu melumasi sendi
-Menyehatkan rongga mulut
ADVERTISEMENT
-Membantu mengatur suhu tubuh
-Meningkatkan stamina
-Mencegah sakit kepala, dan
-Dapat membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang hamil, air putih juga memiliki manfaat untuk Anda maupun janin di dalam kandungan lho, Moms. Air dapat membantu perkembangan janin berjalan dengan sehat, melancarkan sistem pencernaan, membantu mengatur suhu tubuh, melembabkan kulit, dan dapat mengurangi pembekakan saat hamil.
Nah Moms, itulah berbagai manfaat dari minum air putih. Banyak sekali, bukan? Jadi, jangan lupa minum air putih yang cukup tiap harinya demi menjaga kesehatan tubuh. Tapi ingat, minum air putih bukan menjadi salah satu cara mencegah penularan virus corona, ya!