Mom
·
12 Juli 2020 16:59

Shandy Aulia Beri Bayinya MPASI di Usia 4 Bulan, Ini Kata Dokter

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Shandy Aulia Beri Bayinya MPASI di Usia 4 Bulan, Ini Kata Dokter (267679)
Shandy Aulia dan anaknya, Claire Foto: Instagram/@shandyaulia
Beberapa waktu lalu, pemain film Shandy Aulia membagikan video pendek bersama sang putri, Claire Herbowo di akun Instagram pribadinya. Dalam video tersebut, tampak Shandy sedang menikmati salad sembari menggendong Claire.
ADVERTISEMENT
Menariknya, wajah sang anak seperti tergiur ingin mencicipi makanan yang disantap oleh ibunya. Ditambah lagi, Shandy rupanya sengaja menggoda bayinya itu, seperti ingin melihat ekspresi si kecil yang baru berusia 4 bulan itu.
"Hmmm... Enak. Hmm, enak banget seger gitu deh, gue," ucap Shandy Aulia dalam unggahan tersebut.
Shandy Aulia Beri Bayinya MPASI di Usia 4 Bulan, Ini Kata Dokter (267680)
Shandy Aulia dan anaknya, Claire Foto: Instagram/@shandyaulia

Shandy Aulia putuskan beri Bayi MPASI di Usia 4 Bulan

Baru-baru ini juga, Shandy mengungkapkan ia telah memutuskan untuk memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI pada bayinya di usia 4 bulan. Namun pada mulanya, istri dari David Herbowo itu mengaku dirinya memang dilanda rasa bingung harus memberikan MPASI lebih awal atau menunggu hingga si kecil berusia 6 bulan.
Hingga akhirnya, pemain film Eiffel I'm in Love ini berkonsultasi ke dokter anak dan dokter gizi untuk mendapatkan saran terbaik. Rupanya, mereka memperbolehkan anak Shandy untuk diberikan MPASI di usia 4 bulan. Hal inilah yang juga membulatkan keputusan Shandy.
ADVERTISEMENT
"Awalnya aku juga sedikit bingung, tapi aku banyak konsultasi dengan dokter pastinya dan juga baca. Dokter anak Claire memperbolehkan Claire untuk MPASI di usia 4 bulan. Kenapa? Karena menurutnya, daya cap Claire sudah baik dan memang Claire-nya mau dan sudah diperbolehkan," kata Shandy Aulia dalam video yang diunggah di YouTube pribadinya berjudul '4 BULAN SUDAH DIBERI MPASI?!' yang diunggah Sabtu (11/7).
Shandy Aulia Beri Bayinya MPASI di Usia 4 Bulan, Ini Kata Dokter (267681)
Shandy Aulia bersama anaknya. Foto: Instagram/@shandyaulia

Kata Dokter tentang Pemberian MPASI pada Bayi Usia 4 Bulan

Moms, memang Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyarankan agar pemberian MPASI dapat diberikan saat usia bayi menginjak 6 bulan. Sebab di usia ini, sistem pencernaan bayi dianggap sudah siap menerima makanan padat. Namun, apabila bayi memiliki indikasi MPASI dini maka dokter bisa saja merekomendasikan pemberian MPASI lebih dini.
ADVERTISEMENT
MPASI dini sendiri paling cepat diberikan saat bayi berusia 4 bulan. Meski begitu, tetap harus berkonsultasi terlebih dulu ke dokter ya, Moms. Demikian dijelaskan oleh dr. Ayi Dilla Septarini, SpA.
dr.Ayi juga memaparkan, MPASI dini boleh diberikan apabila bayi terus-terusan menyusu tapi tampak seperti tidak kenyang, sering terbangun di malam hari, atau kenaikan berat badannya tidak sesuai dengan grafik pertumbuhan WHO.
Shandy Aulia Beri Bayinya MPASI di Usia 4 Bulan, Ini Kata Dokter (267682)
Ilustrasi bayi diberikan MPASI lebih awal. Foto: Shutterstock
"MPASI dini boleh diberikan paling cepat 4-6 bulan. Kalau kami prinsipnya daripada diberikan susu kaleng jauh lebih sehat diberikan MPASI. Logikanya, tahu, tempe, ikan, daging lebih sehat dibandingkan susu kaleng. Tapi harusnya ada dua syaratnya, empat bulan, kepalanya sudah tegak, kalau didudukkan sudah tidak manggut atau bayinya tertarik melihat orang makan. Tapi itu harus dengan izin dokter," jelasnya dalam sebuah wawancara pada April 2019 lalu.
ADVERTISEMENT
Jadi jangan lengah ya, Moms. Setiap anak, kesiapannya berbeda-beda. Jika bayi Anda yang berusia 4 bulan atau di bawah usia 6 bulan sudah tampak tertarik melihat orang makan, tetaplah berkonsultasi ke dokter sebelum memberikannya MPASI.