Mom
·
21 September 2020 14:00

Si Kecil Suka Menjilat Sesuatu seperti Anak Zaskia Adya Mecca? Ini Kata Dokter

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Si Kecil Suka Menjilat Sesuatu seperti Anak Zaskia Adya Mecca? Ini Kata Dokter (1379)
Anak Zaskia Adya Mecca Tak Mau Pakai Baju. Foto: Instagram @zaskiadyamecca
Tanpa kita duga, berbagai benda atau barang yang di rumah bisa digunakan anak untuk jadi mainan. Misalnya saja bedak, lipstik, lotion, sepatu, atau bahkan jendela rumah! Ya Moms, Anda tak salah baca. Bahkan hal inilah yang baru saja dilakukan anak Zaskia Adya Mecca, Bhre Kata Bramantyo.
ADVERTISEMENT
Dalam salah satu unggahan di Instagram pribadi sang ibu, tampak Bhre tengah berada di salah satu jendela rumahnya. Bhre pun menjulurkan lidahnya seolah ingin menjilat jendela yang dipegangnya itu. Tak hanya jendela, rupanya Bhre juga pernah menjilat sesuatu lainnya seperti sepatu, batu, dan meja! Hal ini lantas membuat Zaskia mengabadikan momen tersebut.
"Ada masanya menjilat segala sesuatu... Sepatu, batu, meja, sekarang jendela. Bia abadikan dan akan tanya kamu di masa depan, 'APA MOTIVASINYA JILAT-JILAT GINIAN' *simbol tertawa* mau test ombak obat cacing apa?!" tulis Zaskia Adya Mecca di unggahannya itu.
Berkaca dari apa yang dilakukan anak Zaskia Adya Mecca, hal yang dilakukan anak seperti menjilat sesuatu rupanya bermula dari rasa penasarannya. Namun perlu diingat beberapa benda atau barang tersebut tak diperuntukkan untuk dijilat. Lantas, bagaimana bila sudah terlanjur?
Si Kecil Suka Menjilat Sesuatu seperti Anak Zaskia Adya Mecca? Ini Kata Dokter (1380)
Zaskia Adya Mecca dan Bhre Kata. Foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Kata Dokter soal Kesenangan Anak Menjilat Sesuatu

dr. Kanya Fidzuno, SpA, Dokter Spesialis Anak mengatakan, menjilat sepatu atau bahkan jendela bisa sangat berbahaya. Sebab, tentunya ada banyak kuman dan kotoran yang menempel di benda atau barang tersebut.
ADVERTISEMENT
"Ya pastinya berbahaya, menjilat benda apa pun itu yang seharusnya tidak untuk dijilat, ya, sudah pasti tidak disarankan. Apalagi sepatu yang kemungkinan besar kotor dan banyak kuman," kata dr. Kanya kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Untuk itu sebagai orang tua, Anda disarankan untuk menghindari atau menjauhkan berbagai macam hal yang memungkinkan si kecil untuk menjilatnya. Apabila anak suka menjilat jendela seperti anak Zaskia Adya Mecca, sudah seharusnya Anda bisa menasihati anak jika hal itu tak baik untuk dilakukan. Berikan pemahaman dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengertinya.
Si Kecil Suka Menjilat Sesuatu seperti Anak Zaskia Adya Mecca? Ini Kata Dokter (1381)
Ilustrasi anak menjilat kosmetik milik ibunya Foto: Shutterstock
Bila anak Anda tanpa sengaja menelan benda asing apa pun itu --terlebih benda yang mengandung bahan kimia atau keras, lanjut dokter yang berpraktik di RS Hermina Jatinegara Jakarta Timur ini, maka hal utama yang harus dilakukan orang tua di rumah adalah mengecek apakah pasti si anak sudah menelannya. Selain itu, pastikan juga apakah benda asing tersebut masih berada di dalam mulutnya atau tidak.
ADVERTISEMENT
Namun, jika benda asing tersebut sudah tidak ada di dalam mulut anak alias tertelan, dr. Kanya menyarankan agar orang tua segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.
"Jangan berusaha agar anak memuntahkan zat tersebut. Jangan diberi minum. Segera bawa ke IGD terdekat," tutupnya.