kumparan
17 Mei 2018 12:28

Stimulasi Kecerdasan Si Kecil di Morinaga MI Play Plan

com-Ibu dan Si Kecil Yoga Bersama
com-Ibu dan Si Kecil Yoga Bersama (Foto: Morinaga)
Di masa tumbuh kembang Si Kecil, banyak hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Selain nutrisi tepat, stimulasi juga menjadi hal yang penting.
ADVERTISEMENT
Stimulasi adalah kegiatan yang dapat dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar Si Kecil, sehingga ia bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menstimulasinya adalah dengan bermain, mengapa?
Bermain merupakan suatu kegiatan yang disenangi oleh Si Kecil. Maka dari itu, bermain bisa dijadikan sebuah cara belajar yang menyenangkan untuk menstimulasi kecerdasan majemuknya.
Terdapat 8+1 jenis kecerdasan anak yang bisa orang tua kenali sejak dini. mulai dari kecerdasan majemuk, kecerdasan linguistik, kecerdasan logical matematik, kecerdasan visual spasial, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan moral.
Untuk mengidentifikasi kecerdasan mana yang dimiliki oleh Si Kecil, Morinaga memiliki sebuah website yakni http://www.morinagamiplayplan.com/.
com-Ibu dan Si Kecil Mewarnai Bersama
com-Ibu dan Si Kecil Mewarnai Bersama (Foto: Morinaga)
Morinaga MI Play Plan (MIPP) merupakan sebuah website yang dapat membantu orang tua untuk mengidentifikasi kecerdasan apa yang dimiliki Si Kecil, dan mengasah kecerdasan tersebut dengan berbagai ide-ide permainan yang menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Di website ini, orang tua dapat mengidentifikasi kecerdasan anak dengan cara menjawab berbagai pertanyaan tentang Si Kecil. Kemudian, akan keluar hasil yang memperlihatkan kecerdasan Si Kecil lebih condong ke arah mana.
Tapi jangan lupa, setiap anak berbeda dan masing-masing anak unik, Moms. Begitu juga dengan kemampuannya yang terus berkembang sesuai usia anak. Inilah mengapa, berbeda dengan orang dewasa, kemampuan anak dalam waktu dua bulan saja sudah bisa banyak berubah.
Karena itu, coba terus lakukan observasi untuk mengidentifikasi kecerdasan anak. Anda dapat menggunakan alat identifikasi di Morinaga MI Play Plan berkali-kali. Misalnya bila Anda sudah mengisi pertanyaan-pertanyaan kali ini, coba lakukan kembali beberapa bulan lagi.
com-Ibu dan Si Kecil Belajar Berhitung
com-Ibu dan Si Kecil Belajar Berhitung (Foto: Morinaga)
Setelah berhasil mengenali kecerdasan Si Kecil, Morinaga MI Play Plan (http://www.morinagamiplayplan.com/) juga membantu untuk menstimulasinya dengan berbagai ide bermain yang sesuai dengan kecerdasan yang ingin dikembangkan.
ADVERTISEMENT
Contohnya, untuk menstimulasi kecerdasan naturalis, orang tua bisa mencoba ide bermain untuk 'membuat gunung merapi tiruan'. Kemudian jika ingin menstimulasi kecerdasan intrapersonal Si Kecil, orang tua bisa mencoba ide bermain 'buat sendiri salad pelangi'. Tak hanya kedua ide tersebut, masih banyak ide-ide permainan lainnya yang bisa orang tua lakukan dengan Si Kecil.
com-Ide Bermain di Morinaga MI Play Plan
com-Ide Bermain di Morinaga MI Play Plan (Foto: Morinaga)
Menstimulasi kecerdasan Si Kecil pun harus dilakukan dengan konsisten. Maka dari itu MIPP pun memiliki menu Rencana Bermain, yang dapat menjadi jadwal ataupun pengingat bagi orang tua untuk bermain dengan buah hati tercinta.
Kenali kecerdasan Si Kecil sejak dini, dan jangan lupa untuk terus menstimulasinya di Morinaga MI Play Plan agar Si Kecil tumbuh menjadi Generasi Platinum.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Morinaga.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan