Stimulasi Motorik Halus Anak dengan Asah Keterampilan Menggambar

2 Desember 2020 20:00
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Stimulasi Motorik Halus Anak dengan Asah Keterampilan Menggambar (218973)
searchPerbesar
Menggambar untuk stimulasi motorik anak. Foto: Shutterstock
Menggambar atau corat-coret biasanya jadi salah satu aktivitas favorit anak. Tidak hanya untuk mengisi waktu luang, hobi yang satu ini juga bisa jadi cara untuk merangsang pertumbuhan si kecil di usia emasnya.
Dilansir laman Lifelong Learning Centres, biasanya anak-anak mulai tertarik corat-coret setelah memasuki usia 12-18 bulan. Menggambar atau mewarnai merupakan media yang tepat untuk mengenalkan warna-warna sekaligus benda-benda di sekitarnya.
Latihan memegang pensil warna atau crayon dan memadukan warna demi warna juga akan membantu mengembangkan kecerdasan anak, terutama motorik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi mata dan tangan.
“Kegiatan melukis atau art and craft memang harus dilaksanakan sejak usia dini, kita mengenalkan cat yang aman untuk mengenalkan warna dan menyebutkan warna sekunder. Melukis itu juga melatih sensori dan motorik halus dengan gripping,” jelas Founder of Ganara Art Studio, Tita Djumaryo, di Enfagrow A+ Live Talk The Series ‘Asah Bakat si Kecil dengan Painting Class Langsung dari Expertnya’, Sabtu (17/10).
Nah Moms, adanya kemajuan teknologi membuat aktivitas menggambar dan mewarnai bisa dilakukan melalui smartphone. Menurut Tita, aktivitas si kecil yang kini sering kali menggunakan smartphone bisa meningkatkan risiko lemahnya genggaman anak yang diakibatkan kurangnya rangsangan motorik halus. Inilah yang membuat kegiatan melukis tak kalah penting dengan aktivitas seni lainnya.
Stimulasi Motorik Halus Anak dengan Asah Keterampilan Menggambar (218974)
searchPerbesar
Founder of Ganara Art Studio, Tita Djumaryo, di Enfagrow A+ Live Talk The Series ‘Asah Bakat si Kecil dengan Painting Class Langsung dari Expertnya’. Foto: Youtube/kumparan
Namun tentu ada orang tua yang khawatir saat ingin mulai mengajak anak menggambar di usia dini, entah karena takut cat warna tertelan, atau atau pensil dan crayon akan tergigit. Tita mengatakan bahwa sebenarnya orang tua tidak perlu khawatir memperkenalkan seni menggambar sejak usia balita.
Hanya saja, orang tua harus selektif memilih bahan yang digunakan untuk mewarnai dan jangan lupa juga untuk selalu mendampingi anak saat beraktivitas. “Memang mau diajak berkegiatan di usia dini, misalnya di usia 1,5 tahun, bisa dilatih menggunakan pewarna makanan yang dicampur air sehingga lebih aman,” jelas Tita.
“Tapi kita juga perlu melihat apakah anak masih berada oral atau tidak. Karena kalau masih dalam fase oral, memang tidak disarankan memakai cat. Mungkin bisa menggunakan crayon,” tambahnya.
Kegiatan menggambar bersama anak juga menjadi salah satu kegiatan favorit aktris sekaligus ibu rumah tangga, Yasmine Wildblood. Menurut ibu dua anak ini, melukis bisa jadi momen bonding antara ibu dan anak yang mudah dan bisa dilakukan di rumah aja.
Selain itu, menurutnya, melukis bisa jadi media untuk berekspresi dan mengembangkan kreativitasnya sejak dini. Dampak baiknya sang anak sulungnya, Seraphina Rose, lebih mandiri dalam beraktivitas serta bisa lebih berani mengeksplor hal-hal baru yang ada di sekitarnya.
“Kalau buat aku, penting banget karena aku bisa spare time dengan anak aku sendiri, dan dia pun akan lebih happy bila ditemani. Bonding juga dapat membuat anak mandiri, percaya diri, dan lebih mau eksplor,” ungkap Yasmine dalam sesi tanya jawab di Enfagrow A+ Live Talk The Series.
Stimulasi Motorik Halus Anak dengan Asah Keterampilan Menggambar (218975)
searchPerbesar
Yasmine Wildblood, di Enfagrow A+ Live Talk The Series ‘Asah Bakat si Kecil dengan Painting Class Langsung dari Expertnya
Moms, saat si kecil sudah mulai menunjukkan ketertarikannya dalam suatu aktivitas, dukungan dari orang tua tentu sangat dibutuhkan, tak terkecuali dalam hal menggambar dan melukis. Tidak hanya dengan memberikan fasilitas yang memadai, Anda bisa mengajak anak mengikuti kelas melukis sehingga kemampuannya bisa lebih diasah oleh para guru yang ahli bidangnya.
Meski kini situasi tidak memungkinkan untuk keluar rumah, Anda tak perlu khawatir, Moms. Sebab, di program Enfagrow A+ Live Talk The Series ‘Asah Bakat si Kecil dengan Painting Class Langsung dari Expertnya’ ini, Ganara Art Studio juga akan mengajak orang tua dan anak untuk mengikuti workshop melukis dan mencampur warna menggunakan cat lukis yang mudah dipraktikkan di rumah. Penasaran? Yuk Moms, saksikan selengkapnya di bawah ini!
Selain itu, jangan lupa untuk memberikan 3 gelas Enfagrow A+ Neuro Pro untuk membantu melengkapi nutrisi harian, serta membantu IQ dan EQ anak bisa berkembang secara optimal.
Enfagrow A+ Neuro Pro mengandung Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA) untuk mendukung perkembangan otak, prebiotik PDX/GOS yang dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik dan menjaga kesehatan usus si kecil, serta nutrisi Beta-Glucan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
Kandungan mineral dan vitamin di dalam Enfagrow A+ Neuro Pro juga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak sekaligus jaga imunitasnya agar tetap sehat dan ceria. Yuk, dapatkan produk Enfagrow A+ Neuro Pro di Enfa Official Store yang ada di Lazada.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Enfagrow
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020