kumparan
15 November 2018 17:00

Tahapan yang Dilalui Bayi Mulai dari Merangkak sampai Mantap Berjalan

Ilustrasi bayi belajar berjalan
Ilustrasi bayi belajar berjalan sebelum merangkak (Foto: Shutter stock)
Sampai pada fase bayi merangkak tentu bukan tanpa proses. Mulai dari bayi belajar untuk bangun, mengangkat kepala, dan lancar merangkak tidak terjadi begitu saja. Melainkan sedikit demi sedikit, dan begitu terus sampai ia mantap berjalan dan berlari.
ADVERTISEMENT
Pastikan selama anak melalui tahapan itu, ada orang tua yang mengawasinya. Memfasilitasinya agar si kecil lebih semangat bergerak justru lebih bagus! Seperti apa tahapannya?
Pertama, dimulai dengan merangkak. Jika anak masih belum cukup kuat untuk menopang tubuh mungilnya, Anda bisa stimulasi anak mengangkat tubuhnya secara perlahan, caranya dengan memberikan waktu tummy time, merangsang dengan meletakan mainan di hadapannya, atau bisa juga merangkak bersama.
Fase bayi merangkak memang perlu dioptimalkan, mengingat sangat penting untuk kemudian menyokong anak di tahap berikutnya, yakni lancar berjalan dan melakukan aktivitas fisik lainnya.
Kedua, bayi mulai bisa mengangkat dirinya menggunakan bantuan barang-barang di sekitarnya. Mulai dari menggunakan satu tangan, lalu kedua tangannya. Nah pada tahap ini, si kecil sudah mulai menyiapkan fase berikutnya yakni posisi berdiri. Setelah bisa berdiri, si kecil akan mengalami kesusahan untuk kembali duduk lagi, Moms. Anda bisa mengajari si kecil pelan-pelan bagaimana mengajarinya kembali untuk duduk.
Ilustrasi bayi duduk sebelum bisa berjalan
Tahapan bayi merangkak hingga bisa berdiri (Foto: Shutterstock)
Ketiga, saat sudah mulai lancar berdiri, bayi mulai memasuki tahap berikutnya yakni berjalan. Ia tampak berjalan menggunakan bantuan, seperti merambat di tembok atau barang-barang di sekitarnya. Untuk menunjang fase ini, pastikan tidak ada barang-barang yang berpotensi membahayakan di sekitarnya. Anda juga melatih anak untuk membantunya lancar berjalan.
ADVERTISEMENT
Keempat, setelah sering berlatih, akhirnya si kecil bisa berdiri tanpa bantuan! Umumnya ini terjadi saat ia sudah menginjak usia 9-12 bulan. Wah, bersiaplah yang sebelumnya bayi merangkak ke sana kemari, kini ia mulai akan menjelajah sambil berjalan dan sedikit berlarian.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan