kumparan
6 September 2018 11:29

Tanda Hamil yang Terlihat pada Wanita Kurus

Ilustrasi tanda hamil pada wanita kurus
Ilustrasi tanda hamil pada wanita kurus (Foto: Pixabay)
Tanda hamil tampak begitu jelas pada tubuh wanita. Biasanya memasuki trimester kedua, perut mereka akan membuncit dan diikuti penambahan berat badan yang signifikan.
ADVERTISEMENT
Namun bagaimana dengan wanita yang sudah kurus sebelum hamil? Apakah tanda hamil tetap tampak terlihat jelas pada tubuhnya?
Meski sedang hamil, wanita yang memiliki body image kurus cenderung tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Bahkan hingga trimester ketiga, hanya perut si ibu yang menonjol sedikit. Kebanyakan orang mungkin akan terkejut, misalnya pada wanita kurus yang mengandung 8 bulan, tampak seperti hamil 3-4 bulan.
Jika sudah seperti itu, ibu pasti mendapatkan banyak saran dan nasihat tanpa diminta. Seperti tetangga atau kerabat yang meminta Anda untuk makan lebih banyak. ‘Makan yang banyak dong, kan kamu makan untuk dua orang!’
Saran semacam ini mungkin menyebalkan. Apalagi jika diikuti komentar bahwa Anda kurang menjaga kesehatan atau pola makan selama hamil. Padahal tentu Anda sudah berusaha yang terbaik untuk menjaga kandungan Anda.
Ilustrasi hasil USG ibu hamil.
Ilustrasi hasil USG ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Nasihat itu tidak sepenuhnya salah Moms. Ibu memang seharusnya bertambah berat badan secukupnya saat hamil. Menurut rekomendasi Institute of Medicine AS, perempuan dengan indeks massa tubuh kurang dari 18,5 disarankan untuk naik 12,5-18 kg selama hamil.
ADVERTISEMENT
Tanda hamil yang tak begitu tampak pada wanita kurus sebenarnya bukan masalah. Asal si ibu tetap mengonsumsi asupan yang cukup dan kaya nutrisi. Menurut penelitian di Swedia, wanita kurus yang hamil pertama kali, lebih cenderung melahirkan bayi sehat, dibandingkan perempuan yang obesitas.
Wanita yang kurus memang cenderung melahirkan bayi lebih ringan dibandingkan rata-rata. Namun potensi untuk melahirkan bayi prematur atau kematian bayi pada minggu pertama setelah kelahiran tidak ikut tinggi.
Jadi Moms, sebaiknya Anda tak perlu khawatir dan terlalu menggubris komentar orang sekitar. Cukup dengarkan saran dokter kandungan Anda tentang asupan terbaik yang seharusnya Anda konsumsi saat hamil.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan