kumparan
Mom22 Februari 2020 16:58

Tantri 'Kotak' Melahirkan Anak Kedua, Berharap Produksi ASI Dirinya Lancar

Konten Redaksi kumparan
PTR, Tantri Kotak bersama suami Arda
Tantri Kotak bersama suami Arda saat ditemui dikawasan Tendean, Jakarta, Selasa, (7/1/2020). Foto: Dok. Ronny
Tantri Syalindri Ichlasari atau lebih dikenal sebagai Tantri 'Kotak' baru saja melahirkan anak kedua yang berjenis kelamin laki-laki pada (20/2) lalu. Hal tersebut diketahui dari unggahan akun Instagram pribadinya, @tantrisyalindri.
ADVERTISEMENT
Dalam unggahannya, Tantri memperlihatkan kaki mungil buah cintanya dengan Arda 'NAFF' tersebut. Ia pun menyebut jika anak keduanya ini akan menjadi penjaga untuk dirinya dan juga anak pertamanya, Karanada Medina Danarda.
"Penjaga Kakak Karanada dan Bundanya, Panda tetap di hati dong. Walaupun enggak bisa bohong ada yang ngalahin kegantengan Panda di rumah," kata Tantri 'Kotak'.
Melahirkan anak kedua, Tantri berharap proses menyusui alias produksi ASI bisa berjalan dengan lancar. Perempuan berusia 30 tahun ini tak ingin kendala yang pernah dialaminya saat melahirkan anak pertamanya itu kembali terulang lagi.
Ya, ia mengaku sempat mengalami kendala seputar ASI. Itu karena Tantri belum memahami betul soal teknik menyusui dan tak belajar seputar ASI sebelum melahirkan si kecil, Moms. Alhasil, ia pun mengalami baby blues karena selama beberapa hari belum bisa memproduksi ASI.
ADVERTISEMENT
Memasuki hari keempat, Tantri pun baru dapat memproduksi ASI berkat bantuan suster di rumah sakit yang memijat payudaranya. Selain itu, pompa ASI juga menjadi salah satu alat yang dapat membantunya untuk meningkatkan produksi ASI. Tantri menyebut bahwa selama ASI tidak keluar, anaknya mendapat donor ASI dari salah seorang saudaranya.
Vokalis Kotak, Tantri
Vokalis Kotak, Tantri. (6/8). Foto: Ronny
"Akhirnya perjuangan ASI yang butuh effort, mood, dan naikin hormon oksitosin yang luar biasa selesai. Walaupun Kara mendapatkan hak ASI eksklusif sampai usia 1 tahun. Tapi, minimal usaha yang sudah aku dan Kara lakukan untuk mendapatkan haknya Kara enggak sia-sia," tulisnya.
Sebelum anak keduanya lahir, ketakutan tersebut sempat kembali menghantui. Tapi, kini ia lebih menyiapkan mental dan banyak membaca informasi terkait ASI. Ia pun berharap, untuk para ibu hamil juga dapat melakukan hal serupa dengannya.
ADVERTISEMENT
Pelantun 'Pelan-Pelan Saja' ini juga menegaskan bahwa unggahannya itu bukan caranya memandang rendah kaum ibu yang memberikan anaknya susu formula. Menurutnya, semua ibu tentu akan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.
"Jadi, enggak ada yang salah, semuanya (ASI atau susu formula) baik. Semoga share ini bukan dianggap sindiran ya gais, hanya ingin berbagi saja," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan