kumparan
Mom14 April 2018 12:53

Teman Anda Sulit Hamil? Ini Cara Menenangkannya, Moms!

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi tes kehamilan.
Ilustrasi tes kehamilan. (Foto: Thinkstock)
Wanita yang sulit memiliki anak, pasti akan merasa lebih sensitif ketika mendengar ucapan yang menyinggung soal kehamilan. Maka dari itu, penting untuk Anda agar hati-hati dalam berbicara dan bersikap agar tak menyinggung teman Anda.
ADVERTISEMENT
Selain hati-hati dalam berucap, ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menyemangati teman Anda yang susah atau bahkan tidak bisa hamil. Dikutip dari laman Today's Parent berikut cara yang bisa Anda lakukan:
Mendengarkan
Com-Hangout Bareng Teman-teman
Com-Hangout Bareng Teman-teman (Foto: Thinkstocks)
Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memberikan dukungan pada teman adalah dengan mendengarkan ceritanya, tanpa berkomentar panjang.
“Saat wanita tidak subur, wanita akan merasa sangat malu. Ada unsur malu tentang ini. Banyak wanita yang tidak ingin banyak orang tahu karena ini masalah pribadi. Dan mereka takut orang itu akan menilai atau menghakimi mereka,” ujar Amira Posner, Konselor Kesuburan Wanita di Mount Sinai Hospital, Toronto kepada Today's Parent.
Teman Anda mungkin tidak membutuhkan saran dari Anda, tapi mereka pasti membutuhkan telinga Anda untuk mendengarkan semua kesedihan yang mereka alami.
ADVERTISEMENT
Jangan Bicara Tentang Anak Anda Secara Terus Menerus
Teman Anda akan merasa iri melihat keseruan yang bisa Anda lakukan dengan anak Anda. Saat teman Anda mengetahui bahwa dirinya tidak bisa hamil, atau baru saja mengalami keguguran, jangan berikan mereka dukungan dengan bercerita tentang kelakuan anak di rumah, prakarya apa saja yang dibuat anak di sekolah, ataupun sifat-sifat anak yang menjengkelkan.
Selain membuat mereka iri, hal ini juga bisa membuat teman Anda terpuruk, Moms.
Tanyakan Apa yang Mereka Butuhkan dari Anda
Tawarkan bantuan. Tanyakan pada mereka apa yang bisa Anda lakukan untuk menghibur mereka. Anda bisa mengajak teman Anda untuk berbelanja dan pergi menyalon. Jika perlu, ajak mereka pergi traveling ke luar kota maupun luar negeri,Moms.
ADVERTISEMENT
Katakan pada Mereka Bahwa Anda Selalu Ada disaat Mereka Butuh
TEMAN 4
Ilustrasi Teman (Foto: Thinkstock)
Siapa yang tidak sedih melihat sahabatnya merasa terpuruk dan sedih setiap saat? Katakan pada mereka bahwa Anda selalu berada di sisinya jika mereka membutuhkan. Hal ini bisa membuat mereka lebih tenang dan nyaman, karena ada teman yang selalu mendukung dan menghirbunya.
Tawarkan Untuk Meminta Bantuan
Jika Anda merasa teman Anda sudah memasuki tahap yang tidak ‘tertolongkan’, tawarkan pada mereka untuk berbicara dengan psikolog atau dokter yang mungkin bisa membantu teman Anda untuk pulih dan bisa hamil.
Tapi mungkin poin yang satu ini sedikit sensitif, Moms. Jadi coba konsultasikan terlebih dahulu dengan suami atau keluarga teman Anda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan