kumparan
19 Mar 2018 9:57 WIB

Tips Agar Anak Suka Membawa Bekal ke Sekolah

Budaya makan bekal di sekolah (Foto: thinkstock)
Salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan jajan di sekolah adalah dengan membawa bekal makan siang ke sekolah. Masalahnya adalah anak-anak sering kali tidak suka, tidak mau atau tidak menghabiskan bekal makanannya.
ADVERTISEMENT
Waduh, kalau sudah seperti itu bagaimana ya, Moms?
Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Ir.Ahmad Syafiq, MSc,PhD kepada kumparanMom (kumparan.com) memberikan tips bagi orang tua agar anak suka membawa bekal ke sekolah.
1. Tampilan Menarik
Bekal makanan (Foto: Thinkstock)
Kesan pertama itu penting. Maka hal pertama yang perlu dilakukan untuk memancing anak menyantap makanannya adalah menyajikannya menarik.
Anda bisa memodifikasi makanan si kecil dengan bentuk-bentuk unik, misalnya saja karakter tokoh kartun kesukaannya.
Tak hanya bentuknya, warna yang menarik juga bisa menambah selera anak. Anda bisa memadupadankan aneka makanannya dengan tampilan warna yang menarik.
2. Komposisi
Bekal bikinan sendiri (Foto: Thinkstocks)
Ragam jenis makanan dalam kotak bekal anak tak kalah penting. Singkatnya, pastikan bekal anak mengandung makanan dengan komposisi yang bergizi.
ADVERTISEMENT
Di antaranya, ada karbohidrat dari nasi putih, nasi merah, jagung atau roti gandum. Sumber protein hewani atau nabati hingga vitamin dan mineral dari sayuran serta buah-buahan.
Semakin beragam komposisi makanan, maka semakin beragam pula warnanya. Warna-warni di kotak bekal makanan bisa menstimulasi anak untuk menyantap bekal makanannya lebih lahap.
3. Tekstur mudah dicerna
Ilustrasi Bekal Makanan (Foto: thinkstock)
Bisa jadi, anak Anda tidak menyukai bekalnya karena kesulitan mengunyah. Maka, Anda perlu memerhatikan tekstur makanannya agar tidak alot saat digigit dan dicerna.
4. Tempat bekal
Ilustrasi kotak bekal (Foto: Thinkstock)
Meski sepele, wadah bekal makanan anak teryata juga memengaruhi minatnya membawa bekal makanan. Maka dari itu, pilihlah tempat bekal makan yang disukai anak-anak, misalnya dari warna, bentuk karakter kesukaan anak, hingga ukuran yang paling praktis ia bawa di sekolah.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba, Moms!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan