Mom
·
13 Oktober 2020 11:02

Tips Agar Bayi Suka Makan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Agar Bayi Suka Makan (72832)
bayi makan. Foto: Shutterstock
Ketika berusia 6 bulan, bayi sudah boleh diperkenalkan dengan makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI). Ya Moms, momen yang selama ini Anda nantikan ternyata datang juga. Umumnya, para ibu semangat menyambut momen ini dengan menyiapkan berbagai makanan bayi yang bergizi.
ADVERTISEMENT
Tapi memang, proses memberi bayi MPASI tak selalu seindah dan semudah bayangan kita sebagai orang tua, Moms. Bahkan bisa saja, kesabaran hingga rasa percaya diri kita diuji ketika si kecil tak menyukai makanan yang sudah disiapkan. Belum lagi, jika bayi tiba-tiba melakukan gerakan tutup mulut alias GTM. Aduh, bisa sampai stres!
Lantas, adakah tips agar bayi suka makan?
Tips Agar Bayi Suka Makan (72833)
Tips Agar Bayi Suka Makan. Foto: Shutterstock

Kata Dokter Agar Bayi Suka Makan

Dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Nutrisi dan Metabolik, dr. Cut Nurul Hafifah, SpA(K) mengatakan bahwa tidak ada jalan pintas untuk membuat anak --terutama bayi langsung mudah makan, Moms. Menurutnya, proses makan adalah sebuah proses belajar bagi si kecil.
"Seorang bayi butuh waktu beradaptasi dan menyesuaikan diri antara kemampuan motorik dan jenis makanan yang diberikan," imbuh dr. Cut kepada kumparanMOM.
ADVERTISEMENT
Adapun beberapa tips dari dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Jakarta Selatan ini agar bayi suka makan adalah sebagai berikut.
Tips Agar Bayi Suka Makan (72834)
Ilustrasi bayi makan. Foto: Shutterstock

5 Cara yang Dapat Dicoba Agar Bayi Suka Makan

1. Batasi Waktu Makan
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) saja telah merekomendasikan bahwa waktu makan bayi sebaiknya tidak lebih dari 30 menit. Namun, untuk bayi berusia 6 bulan yang baru diperkenalkan MPASI dan belajar makan, sebenarnya masih boleh-boleh saja makan lebih dari 30 menit. Asal, kondisi ini tak berlangsung secara terus-menerus. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bayi pun butuh proses untuk bisa habiskan makannya dalam waktu tersebut.
2. Jangan Paksa Bayi Habiskan Makanan
Moms, bila dalam jangka waktu 30 menit makanan si kecil masih tersisa banyak, sebaiknya Anda juga jangan meminta ia untuk cepat menghabiskannya. Karena secara tak langsung ini tak baik untuk perkembangannya. Hal ini bisa saja menjadi salah satu faktor ia jadi tak suka makan dan membuatnya tertekan. Jadi, lalui saja prosesnya sehingga proses pemberian makan jadi lebih mudah, Moms.
Tips Agar Bayi Suka Makan (72835)
bayi makan buah naga Foto: Shutterstock
3. Ciptakan Suasana Menyenangkan
ADVERTISEMENT
Selain itu, Anda juga diharapkan dapat membuat lingkungan yang menyenangkan saat si kecil makan. Misalnya, makan bersama keluarga di meja makan. Namun, bila tak memungkinkan, Anda bisa melatih bayi untuk makan di meja makan menggunakan baby chair.
4. Beri Variasi
Agar bayi suka makan, Anda harus bisa memvariasikan jenis makanan yang diberikan padanya. Cobalah berkreasi dan bentuk makanan semenarik mungkin agar ia pun bisa lahap makannya. Jangan lupa pula, makanan yang disajikan harus bergizi, ya, Moms.
Jika Anda mendapati si kecil tak menyukai makanan jenis tertentu, ikan misalnya, Anda bisa tunda pemberiannya dan lakukan lagi beberapa hari kemudian.
5. Hindari Distraksi
Selama proses makan, sebagai orang tua Anda juga disarankan untuk tidak memberikan gadget, mainan, atau tontonan lewat televisi, ya, Moms. Karena hal ini dapat mendistraksi pemberian makan pada anak. Sehingga, hal ini diharapkan dapat membuat bayi menikmati atau fokus pada makanannya.
ADVERTISEMENT