kumparan
Mom23 Mei 2020 9:01

Tips agar Hubungan Rumah Tangga Tetap Harmonis Selama #diRumahAja

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi pasangan suami istri muslim. PTR
Ilustrasi pasangan suami istri. Foto: Shutterstock
Berada di rumah saja selama hampir beberapa bulan ini, wajar bila membuat Anda dan anggota keluarga lainnya merasa bosan. Tapi sisi positifnya, Anda punya waktu lebih banyak untuk berkumpul bersama keluarga, terutama dengan suami.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, jika sebelumnya Anda dan pasangan selama ini sibuk bekerja di luar rumah, maka dengan pemberlakukan work from home, Anda berdua pun jadi lebih sering bertemu serta bisa memanfaatkan momen tersebut untuk lebih harmonis satu sama lain.
Meski begitu, hal ini juga tak mudah, sebab sebaliknya, konflik juga dapat terjadi antar anggota keluarga. Sebab menghabiskan banyak waktu dalam area terbatas.
Hubungan suami istri
Ilustrasi hubungan suami istri Foto: Shutterstock
Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., mengatakan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat hubungan dengan suami semakin harmonis. Salah satunya adalah melakukan kegiatan bersama seperti membuat atau mempelajari sesuatu. Tak hanya itu, kunci lainnya agar Anda dan suami tetap akur, yakni tetap memiliki batasan-batasan yang sudah disepakati.
ADVERTISEMENT
"Misalnya, kita pasti butuh waktu untuk tidak diganggu sama sekali karena pekerjaan atau hal lainnya. Tapi untuk melakukannya kita harus menyepakati dulu dengan pasangan, bisa bicara langsung atau kode apapun itu. Ketahui juga batasan apa yang harus ada dan bagaimana mengkomunikasikannya," kata Anna dalam acara 'kumparan Virtual Talk: Tetap Harmonis Bersama Keluarga Selama di Rumah', Jumat (22/5).
Ia juga mengatakan Anda dan pasangan juga perlu me time untuk melepaskan stres atau kejenuhan. Misalnya Anda bisa melakukan permainan di gadget sebelum bekerja, atau bersantai dulu sebelum menyiapkan makan sahur.
ilustrasi pasangan suami istri
ilustrasi pasangan suami istri Foto: Shutterstock
Selain itu kata Anna, Anda juga perlu waktu santai bersama dengan anggota keluarga dan lainnya. Terutama juga waktu hanya berdua dengan pasangan.
ADVERTISEMENT
"Misalnya baru bangun sebelum menyiapkan sahur atau sebelum tidur, sempatkan waktu untuk bicara. Waktu santai berdua itu justru hubungan emosional akan lebih baik di antara Anda berdua," ujar psikolog yang berpraktek di Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Depok ini.
Namun tidak hanya pembicaraan yang sederhana saja, Anna menyarankan agar suami-istri perlu berkomunikasi ketika terjadi masalah. Bukan bertengkar, melainkan percakapan tentang penyelesaian tersebut. Bagaimana cara menghadapinya dan membuat kesepakatan baru.
"Buatlah sebuah kesepakatan bersama suami dan dijalankan dengan benar. Kalau bisa dijalankan, Anda bisa lebih tenang. Jadi yang terpenting adalah komunikasi dan menjalankan kesepakatan itu sehingga kita bisa memahami pasangan," pungkasnya.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT