kumparan
23 Mar 2019 14:03 WIB

Tips Agar Rambut Anak Lebat

Ilustrasi rambut anak sehat dan lebat. Foto: Pixabay
Rambut anak yang lebat memang terlihat indah. Bukan hanya itu, keadaan rambut tersebut juga dapat menjadi cerminan dari kesehatan tubuhnya. Sebaliknya, rambut yang tipis bahkan rontok bisa menandakan anak mengalami malnutrisi.
ADVERTISEMENT
Tapi faktor genetik juga bisa memberi pengaruh, misalnya bila Anda sekeluarga cenderung berambut tipis, maka tak heran bila si kecil juga memilikinya. Meski demikian, faktor perawatan yang rutin dilakukan juga bisa memengaruhi agar rambut si kecil senantiasa lebat.
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan
1. Cuci rambut secara teratur
Kulit kepala yang kotor dan berminyak dapat mengganggu pertumbuhan rambut anak. Untuk menghindarinya, cucilah rambut anak Anda secara teratur. Laman Live Strong menyarankan untuk mencuci rambut si kecil, satu sampai dua kali seminggu. Sebaliknya, jangan mencuci rambut terlalu sering, karena bisa sebabkan rambutnya kering. Pastikan juga gunakan produk produk sampo dan kondisioner khusus buat anak.
2. Cukupi kebutuhan gizinya
com-Makan makanan sehat dan bergizi Foto: Shutterstock
Seperti yang telah disebutkan di atas, kondisi rambut rontok dan tipis bisa jadi pertanda kalau anak kekurangan gizi. Menurut lama Health Line, rambut rontok pada anak bisa terjadi karena kekurangan zat besi, zinc, protein, asam amino, dan mineral. Karena itu, agar rambut anak tumbuh subur dan tebal, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizinya, Moms.
ADVERTISEMENT
3. Menggunakan minyak kelapa
Dikutip dari Baby Mommy Time, minyak kelapa mengandung vitamin dan asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan menghilangkan sel kulit mati. Karena itu, minyak kelapa bagus untuk membuat rambut anak Anda tumbuh lebih panjang dan lebat. Karenanya, sediakan minyak kelapa dan pijat lembut kulit kepala anak dengan minyak kelapa, sebelum keramas.
4. Rutin creambath rambut anak
Ilustrasi lidah buaya sebagai bahan tradisional untuk creambath rambut anak. Foto: Pixabay
Bila Anda rutin melakukan perawatan rambut creambath di salon, ajaklah si kecil juga, Moms. Atau bila Anda ingin melakukannya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan tradisional juga bisa, lho. Anda bisa menggunakan salah satu dari pilihan berikut, yaitu lidah buaya, seledri, dan minyak kemiri. Caranya bahan tersebut dihaluskan, kemudian oleskan di rambut anak selama beberapa menit, lalu keramas.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan