Mom
·
21 September 2020 15:00

Tips Berikan Perlindungan Ganda untuk Keluarga di Masa Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Berikan Perlindungan Ganda untuk Keluarga di Masa Pandemi (100872)
Ilustrasi keluarga. Foto: Shutterstock
Sebagai ibu, kesehatan keluarga adalah hal yang harus diprioritaskan. Terlebih, di tengah pandemi seperti sekarang, kita tidak tahu kapan penyakit akan menyerang tubuh.
Ya Moms, para ahli menyarankan agar selalu menerapkan pola makan sehat. Misalnya, jangan pernah melewatkan sarapan, menghindari junk food, rutin mengonsumsi buah dan sayur, dan perbanyak air putih.
Selain menjaga kesehatan tubuh dari dalam dengan pola makan sehat, menjaga kesehatan diri dari luar juga perlu dilakukan. Sebab, hal ini dapat meminimalisir risiko terjangkit penyakit akibat menempelnya virus dan bakteri di tubuh. Berikut adalah beberapa tips perlindungan ganda yang bisa Anda dan keluarga lakukan.

1. Minimalisir kontak setelah bepergian

Tips Berikan Perlindungan Ganda untuk Keluarga di Masa Pandemi (100873)
Hindari kontak dengan keluarga sebelum membersihkan diri sesampainya di rumah. Foto: Shutterstock
Bila terpaksa keluar rumah untuk urusan mendesak, hindari kontak dengan keluarga sebelum membersihkan diri sesampainya di rumah. Tak hanya itu, jangan pula menyentuh barang-barang yang ada di rumah, seperti duduk di sofa atau berbaring di tempat tidur.
Segera cuci tangan dan mandi agar tubuh bersih. Hal ini dilakukan supaya orang rumah tidak terkena bakteri maupun virus yang bisa jadi terbawa dari luar.

2. Rutin cuci tangan

Tips Berikan Perlindungan Ganda untuk Keluarga di Masa Pandemi (100874)
Usahakan untuk selalu mencuci tangan minimal 20 detik dengan langkah yang benar hingga ke sela-sela jari. Foto: Shutterstock
Anjuran untuk cuci tangan masih terus digaungkan, terutama sebelum dan sesudah makan, sebelum menyentuh area wajah, dan setelah memegang barang di ruangan publik.
Kemenkes menyarankan untuk mencuci tangan minimal 20 detik dengan langkah yang benar hingga ke sela-sela jari. Usahakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun untuk memastikan seluruh permukaan tangan bersih dari kuman, Moms. Jika tidak ada air dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

3. Selalu sedia perlengkapan kesehatan

Tips Berikan Perlindungan Ganda untuk Keluarga di Masa Pandemi (100875)
Ilustrasi kotak P3K. Foto: Shutterstock
Meski sudah melakukan tindakan pencegahan, tidak ada salahnya selalu menyiapkan perlengkapan kesehatan. Memiliki perlengkapan kesehatan dapat mempercepat pertolongan pertama saat ada anggota keluarga yang sakit.
Perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan yang sering dibutuhkan, masker, minyak angin, termometer, atau cairan antiseptik sebaiknya selalu disiapkan di kotak obat rumah Anda ya, Moms. Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang bersih, kering, sejuk, dan jauh dari jangkauan anak-anak.
4. Mandi sehari dua kali
Tips Berikan Perlindungan Ganda untuk Keluarga di Masa Pandemi (100876)
Mandi dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, dan meredakan nyeri otot. Foto: dok. Shutterstock
Selain membuat tubuh bersih, mandi juga bermanfaat untuk kesehatan. Dilansir Medical News Today, mandi dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, dan meredakan nyeri otot.
Usahakan untuk mandi minimal dua kali sehari dengan sabun yang tepat, terutama setelah bepergian keluar rumah. Tak hanya membersihkan tubuh secara maksimal, menggunakan sabun yang tepat juga dapat menjaga kesehatan kulit Anda dan keluarga, Moms.
Di antara banyaknya jenis sabun, Anda bisa menggunakan sabun antibakteri untuk memberikan perlindungan ganda dari kuman yang menempel di tubuh. Salah satu sabun antibakteri yang bisa dipilih adalah Biore Guard Body Foam Active Antibacterial.
Tips Berikan Perlindungan Ganda untuk Keluarga di Masa Pandemi (100877)
Biore Guard Body Foam Active Antibacterial merupakan sabun antibakteri yang mengandung 2x antibacterial berupa sanisol dan IPMP. Foto: dok. Biore
Biore Guard Body Foam Active Antibacterial merupakan sabun antibakteri yang mengandung 2x antibacterial berupa sanisol dan IPMP yang telah teruji membantu membunuh 99% bakteri E.coli dan S.aureus. Tak hanya itu, Biore GUARD juga lembut di kulit dan tidak membuat kulit kering, Moms. Jadi, aman sekaligus memberikan perlindungan ganda untuk seluruh anggota keluarga.
Mulai sekarang, yuk gunakan Biore Guard Body Foam Active Antibacterial setiap mandi agar kulit tetap sehat serta bersih dari kuman dan gatal. Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa klik di sini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Biore