Tips Berikan Stimulasi untuk Kecerdasan Majemuk Anak Selama di Rumah

6 Oktober 2020 13:21
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tips Berikan Stimulasi untuk Kecerdasan Majemuk Anak Selama di Rumah (94671)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu menemani anak melukis. Foto: Shutterstock.
Tetap berada di rumah adalah cara sederhana dan terbaik yang bisa Moms lakukan untuk melindungi anak dan keluarga dari virus corona. Meski terlihat mudah dilakukan, nyatanya berada di rumah terus bisa terasa membosankan, terutama untuk anak-anak.
Ya Moms, terlalu lama berada di rumah mungkin membuat anak bosan dan akhirnya mereka memilih untuk bermain dengan gadget-nya. Kondisi ini tentu membuat orang tua khawatir akan tumbuh kembang anak, terlebih bermain gadget secara berlebihan juga bisa memberi dampak buruk.
Hasil studi di Universitas Leeds, Nottingham, University Manchester dan Institute of Cancer di London, menunjukkan bahwa terlalu sering bermain gadget akan mempengaruhi fungsi otak dan menyebabkan Si Kecil menjadi kurang perhatian terhadap lingkungan sekitarnya. Si Kecil juga bisa terkena radiasi ponsel karena saraf anak masih berkembang dan tulang tengkorak masih tipis.
Sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan agar Si Kecil tidak mudah bosan, salah satunya mengajak Si Kecil bermain. Tak melulu menggunakan media permainan pabrikan. Anda bisa mengajak si kecil bermain melalui alat-alat sederhana yang ada di rumah.
Selain sebagai bonding time, cara ini juga bisa menstimulasi kecerdasan majemuk anak, Moms. Psikolog Keluarga dan Anak Irma Gustiana mengatakan, kecerdasan majemuk (multiple intelligences) pertama kali dikemukakan oleh Dr Howard Gardner, profesor bidang pendidikan di Harvard University, AS.
"Adapun di antaranya ada kecerdasan anak berbahasa (linguistik), logika terkait anak yang mampu dengan numerik, interpersonal terkait bagaimana anak memahami diri sendiri dan punya rasa empati, visual spasial, gerak tubuh (motorik), ruang terkait bagaimana anak mampu mempelajari mengenai ruang, musikal, naturalis (alam), dan moralitas yaitu anak mampu memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ada anak yang bisa punya semua jenis kecerdasan tersebut, atau menonjol beberapa di antaranya," kata Irma dalam acara kumparanMOM Playdate bersama Morinaga yang digelar secara virtual di Youtube kumparan, Selasa (29/9).
Tips Berikan Stimulasi untuk Kecerdasan Majemuk Anak Selama di Rumah (94672)
zoom-in-whitePerbesar
Psikolog Keluarga dan Anak Irma Gustiana saat menjadi narasumber di kumparanMOM Playdate bersama Morinaga yang digelar secara virtual di Youtube kumparan, Selasa (29/9).
Lebih lanjut Irma menjelaskan, sebagai orang tua, Moms dapat mengoptimalkan potensi kecerdasan majemuk ini melalui permainan. "Ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak. Misalnya, motoriknya jadi terlatih, dan keterampilan sosialnya juga terasah melalui interaksi anak dengan ibunya," lanjut Irma.
Untuk ide permainannya sendiri pun cukup mudah dan ada banyak pilihannya. Irma mengatakan, orang tua bisa mendapatkan banyak ide bermain yang sesuai dengan usia anak dan tentunya bermanfaat untuk melatih kecerdasan majemuk anak. Salah satunya dengan memanfaatkan Morinaga MI Play Plan (MIPP).
Morinaga MI Play Plan sebuah website yang dapat membantu orang tua untuk mengidentifikasi kecerdasan apa yang dimiliki Si Kecil, dan mengasah kecerdasan tersebut dengan berbagai ide-ide permainan yang menyenangkan. Di website ini, orang tua dapat mengidentifikasi kecerdasan anak dengan cara menjawab berbagai pertanyaan tentang Si Kecil. Kemudian, akan keluar hasil yang memperlihatkan kecerdasan Si Kecil lebih condong ke arah mana.
Setelah berhasil mengenali kecerdasan Si Kecil, Morinaga MI Play Plan juga membantu untuk menstimulasinya dengan berbagai ide bermain yang sesuai dengan kecerdasan yang ingin dikembangkan.
"Menstimulasi kecerdasan Si Kecil pun harus dilakukan dengan konsisten. Semakin sering dan teratur rangsangan yang diterima, semakin tinggi kecerdasan majemuk si kecil kemudian hari. Jadi mumpung di rumah aja, pastikan untuk meluangkan waktu khusus yang berkualitas untuk anak saat di rumah. 30 menit atau 1 jam saja sudah cukup jika berkualitas," kata Irma.
Tips Berikan Stimulasi untuk Kecerdasan Majemuk Anak Selama di Rumah (94673)
zoom-in-whitePerbesar
Keseruan kumparanMOM Playdate bersama Morinaga.
Tak hanya menjelaskan mengenai kecerdasan majemuk dan memberikan ide bermain untuk menstimulasi kecerdasan anak. Dalam acara kumparanMOM Playdate bersama Morinaga, Irma dan public figure Rini Yulianti bersama anaknya yang kini berusia 2 tahun, mengajak para ibu di rumah untuk bermain dan berkreasi membuat pohon tangan dari alat-alat sederhana di rumah bersama anak.
Seperti apa keseruannya? Saksikan video di bawah ini ya Moms:
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Morinaga
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020